22 Oktober 2020

Nanang Tinjau Bedah Rumah Roboh

Nanang Tinjau Bedah Rumah Roboh

LAMPUNG SELATAN, LAMPUNG SEGALOW – Rabu (5/8/2020) lalu, Hujan deras yang turun sejak pukul 04.00 WIB dini hari di Dusun Seputih, Desa Siring Jaha Kecamatan Sidomulyo mengakibatkan rumah tinggal milik Zubaidah (43) roboh. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya luka ringan yang menimpa Agus (16), putra ke-2 Zubaidah yang ketika kejadian dalam posisi tertidur.

Mengetahui hal itu, Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nanang Ermanto segera memberikan bantuan program bedah rumah (program perbaikan rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni) kepada Zubaidah dan keluarganya.

Hari ini, Bupati Nanang didampingi Kepala Pelaksana BPBD, M. Darmawan beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel turun langsung melihat lokasi, sejauh mana pembangunan rumah Zubaidah (korban rumah roboh, red) yang telah mendapat bantuan program bedah rumah sejak bulan lalu, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga:   Chusnunia Apresiasi Kinerja KPRI Saptawa

Pada kesempatan itu, Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto memberikan penjelasan Kepada Camat, Kepala Desa, Zubaidah (korban rumah roboh, red) serta warga yang bergotong royong ikut membantu, bahwa Pemkab Lamsel menggulirkan bantuan program bedah rumah secara berkelanjutan dan bertahap pada setiap bulannya.

Program tersebut, menurut Bupati Nanang terinspirasi saat kunjungannya ke desa-desa, dimana masih cukup banyak dijumpai rumah warga lamsel yang masih tidak layak huni.

Program tersebut, lanjut Nanang, tidak dibiayai oleh APBN maupun APBD, tapi murni swadaya dari para pejabat di lingkungan Pemkab Lamsel sebagai bentuk kepedulian kepada warga masyarakat Lamsel.

“Jangan dilihat dari nilainya, tapi ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan kepada warganya,” kata Nanang.

“Program perbaikan rumah tidak layak huni Ini murni swadaya dari para pejabat. Dari saya ada, dari Sekda, Kepala OPD juga. Kita perkirakan dalam setahun, jika digabung dengan program bedah rumah dari pusat, program bedah rumah dari APBD, diperkirakan sekitar 2500 (dua ribu lima ratus) rumah warga yang tidak layak huni dapat diperbaiki dalam setahun,” ungkapnya.

Baca Juga:   IWO Provinsi Lampung Bincang manis dengan Dang Ike

Lebih lanjut Nanang menjelaskan, program bedah rumah yang akan digulirkan untuk masyarakat, sebelumnya sudah dibicarakan dengan Komandan Kodim 0421 Lamsel.

“Nanti kita kerja sama dengan Kodim. Saya harap warga masyarakat juga ikut mendukung program ini secara bersama. Kita gotong royong untuk memperbaiki rumah warga yang tidak layak huni,” pungkas Nanang.

Sementara itu, Kepala Desa Siring Jaha, Rusdi, mengucapkan terimakasih atas kepedulian Bupati Nanang Ermanto, yang telah membantu salah satu warganya yang tertimpa musibah pada bulan lalu.

“Atas nama kepala desa dan seluruh warga Desa Siring Jaha, Saya ucapkan terimakasih kepada pak Nanang karena sudah perduli,” ucapnya.

Baca Juga:   Hadimulyo Wajib Pajak Teladan

Rusdi juga mengatakan ketanggapan Bupati Nanang dalam memberikan bantuan kepada masyarakat, merupakan bukti nyata kepedulian pemimpin kepada masyarakatnya.

Senada dengan Rusdi, Zubaidah (korban rumah roboh, red) juga mengucapkan terima kasih atas bantuan serta santunan yang telah diberikan oleh jajaran Pemkab Lamsel. Ia juga mengatakan ucapan terima kasihnya kepada seluruh warga yang turut membantu pada proses pembuatan rumah miliknya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pak bupati yang telah perduli kepada saya, juga kepada bapak kepala desa, bapak kadus, seluruh masyarakat, karena sudah memberikan sumbangsih materi dan tenaganya untuk membantu saya,” tuturnya. (LS/BD/RF)

Tags: , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan