Manfaat Pare untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Pare untuk Penderita Asam Urat

LAMPUNG SEGALOW (19/2) – Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan. Tapi, rasanya yang sangat pahit, membuat banyak orang tidak suka dengan pare. Rasa pahit tersebut sudah sangat melekat pada pare.

Terutama, jika pare disajikan dengan cara direbus, rasa pahit pada pare akan sangat terasa. Pare tumbuh dengan sangat mudah dan tidak memerlukan penanganan khusus untuk merawatnya.

Meski pahit, pare bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya penyakit asam urat. Jadi, Anda bisa coba mengonsumsi pare sebagai obat herbal untuk asam urat. Berikut merupakan penjelasan tentang 10 manfaat pare untuk penderita asam urat.

  • MENCEGAH HIPERGLIKEMIK

Penelitian membuktikan bahwa, buah dan daun pare dinilai bisa menurunkan kadar gula darah. Cara mengonsumsinya, bisa dengan cara mengambil ekstrak pare, lalu konsumsi secara rutin. Kadar gula darah tinggi sangat berkaitan dengan penyakit asam urat. Sehingga dengan menurunkan kadar gula darah yang tinggi, resiko terserang asam urat pun akan mengecil.

  • MENURUNKAN BERAT BADAN
Baca Juga:   Perabot Rumah Bisa Jadi Biang Kerok Gangguan Kesehatan

Pare juga dapat meningkatkan produksi hormon insulin yang biasa digunakan untuk mencerna gula darah atau glukosa yang ada di dalam tubuh. Semakin banyak insulin, maka semakin banyak gula darah yang disimpan di dalam tubuh untuk dijadikan energi. Sehingga berat badan pun akan menurun.

Hal ini juga sangat berkaitan dengan asam urat, karena kebanyakan orang yang punya berat badan terlalu berlebihan, biasanya mudah terkena asam urat.

  • MENCEGAH PEMBENGKAKAN

Pare mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C inilah yang akan bertindak sebagai anti-inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk meredam pembengkakan akibat asam urat.

  • MENGHAMBAT PEMBENTUKAN ASAM URAT

Pare mengandung flavonoid, yaitu senyawa yang berpotensi baik untuk menghambat kerja enzim xantin oksidase (enzim pemicu asam urat). Dengan begitu, pembentukan asam urat akan terhambat.

  • MENCEGAH PERADANGAN
Baca Juga:   Hotel Bukit Randu Mangkir Dari Janjinya, Warga Geram Dan Akan Adukan Ke Walikota Serta DPRD Kota

Peradangan merupakan efek dari penumpukan kadar asam urat yang terlalu tinggi. Nah, dengan mengonsumsi pare, ternyata bisa mengurangi kadar asam urat, sehingga peradangan akibat asam urat dapat diatasi.

  • MENINGKATKAN FUNGSI GINJAL

Pare juga dipercaya bisa meningkatkan fungsi ginjal untuk mengeluarkan kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pare mengandung serat. Kandungan serat yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan fungsi ginjal dengan baik. Sehingga kadar asam urat tinggi akan mudah diserap kemudian dikeluarkan melalui urine.

  • MENURUNKAN KADAR ASAM URAT

Pare bisa menurunkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Kandungan folat dalam pare bisa membantu menurunkan kadar asam urat secara bertahap.

  • MENGURANGI RASA NYERI

Karena kadar asam urat bisa turun dengan mengonsumsi pare, maka rasa nyeri akibat asam urat tinggi pun secara perlahan akan menghilang.

  • MEMBANTU EKRESI ASAM URAT
Baca Juga:   Ibu Milenial Lebih Percaya Instagram Dibanding Dokter

Sebelumnya sudah disebutkan, bahwa pare mengandung vitamin C. Kandungan ini dapat membantu melancarkan proses ekresi asam urat dalam bentuk urine.

  • MENURUNKAN GEJALA SECARA BERTAHAP

9 manfaat di atas, tentu saja berpengaruh pada penurunan gejala asam urat secara bertahap. Memang tidak akan dirasakan langsung manfaatnya, tapi seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan bahwa gejala di dalam tubuh sedikit demi sedikit menghilang secara alami.

Itulah 10 manfaat pare untuk penderita asam urat. Jadi si pahit ini tidak begitu buruk untuk dikonsumsi, bukan? Si pahit ini malah bisa menyembuhkan penyakit Anda. (ls/rf)

 

 

Tags: , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan