22 Oktober 2020

Balon Bupati dan Wakil Bupati Daftar di KPU Lamsel

Balon Bupati dan Wakil Bupati Daftar di KPU Lamsel

LAMPUNG SELATAN, LAMPUNG SEGALOW – Pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan (Lamsel) pada pemilihan serentak se-Indonesia Tahun 2020 dibuka hari ini, Jum’at (4/9/2020) di aula pertemuan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pelaksanaan tahapan pendaftaran tersebut dilaksanakan selama tiga hari, sejak tanggal 4 – 6 September 2020 berdasarkan Peraturan KPU No. 5 Tahun 2020 tentang tahapan program dan jadwal pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu).

Pada seluruh tahapan pendaftaran Bakal Calon (Balon) pasangan bupati dan wakil bupati, diberlakukan teknis pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 oleh panitia pelaksana KPU setempat. seperti, mewajibkan memakai masker, menyiapkan tempat suci tangan dan penerapan physhical distancing dengan membatasi jumlah pendamping balon pasangan bupati dan wakil bupati di lokasi pendaftaran.

Di lokasi pendaftaran, terlihat beberapa balon pasangan bupati dan wakil bupati Lamsel telah mendaftarkan diri maju bersaing di ajang pemilu untuk adu gagasan dan adu program pada pesta demokrasi 9 Desember 2020 mendatang.

Baca Juga:   5 Marga Adat Dukung Ridho

Siang hari, tepat pukul 13:00 WIB pasangan Nanang – Pandu ditemani LO dan masing-masing Ketua Partai Pengusung, yakni PDIP, Nasdem, Hanura dan Perindo Lamsel lebih dahulu mendaftarkan diri dengan menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran balon pasangan bupati dan wakil bupati di Kantor KPU Lamsel.

“Kami pasangan Nanang – Pandu akan mendaftarkan diri menjadi bakal calon bupati dan wakil bupati Lamsel, mudah-mudahan pada hari ini, tidak ada hambatan yang tidak kita inginkan,” ujar Nanang kepada Komisioner KPU.

Kemudian disusul kedatangan pasangan Hipni – Maylin yang juga ditemani LO dan masing-masing Ketua Partai Pengusung, yakni PAN, Gerindra dan PKB Lamsel yang tiba pada pukul 15:00 WIB dan diterima komisioner KPU setempat. Sedangkan pasangan lainnya, Toni-Antoni, dikabarkan baru akan mendaftar di KPU pada Sabtu (5-9-2020).

Baca Juga:   Partai Demokrat, PPP, dan Partai Gerindra, dukung Ridho-berBakhti jilid II.

Saat itu Balon Bupati, Hipni mengatakan akan mengikuti seluruh tahapan proses pilkada dan berharap ASN dapat bersikap netral sebagaimana diatur dalam undang-undang.

“Berkas kita lagi diverifikasi mudah-mudahan semua lengkap, karena ini adalah suatu proses pilkada maka proses itu harus kita ikuti. Semua sudah diatur undang-undang, saya harap ASN jangan sampai bermain politik taktis, sangat disayangkan jika ASN karena terlalu semangat kemudian tersandung masalah netralitas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Lampung Selatan (Lamsel), Ansurasta Razak mengatakan agar seluruh balon pasangan bupati dan wakil bupati dapat melengkapi berkas terutama hasil PCR Swab dari rumah sakit.

Ansurasta juga mengatakan KPU Lamsel akan melakukan tahapan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2020 tersebut secara profesional dan akan bersikap adil kepada seluruh pasangan calon.

Baca Juga:   DPC Hanura Tolak Musdalub

“Terkait hasil PCR Swab, memang diwajibkan ada pada saat pendaftaran untuk itu kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk dapat melengkapinya,” jelasnya.

“Kami KPU Lamsel akan melakukan tahapan pelaksanaan pendaftaran hingga tahapan penetapan calon yang memenuhi syarat secara profesional, mandiri serta akan memperlakukan seluruh pasangan calon secara adil dan setara,” ujarnya.

Diketahui pada tahapan pendaftaran ini, seluruh dokumen administrai balon pasangan bupati dan wakil bupati Lamsel akan diperiksa kelengkapannya oleh tim verifikasi KPU.

Jika dinyatakan lengkap akan diberikan TT1KWK (Tanda Terima) oleh KPU, namun jika dokumen belum memenuhi syarat maka seluruh dokumen pasangan calon akan dikembalikan untuk dilakukan perbaikan dan melakukan pendaftaran kembali sampai batas waktu tahapan pendaftaran selesai. (LS/BD/RF)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan