Dinas Koperasi dan UMKM siapkan stimulus bagi UMKM di masa pandemi

Dinas Koperasi dan UMKM siapkan stimulus bagi UMKM di masa pandemi

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG SEGALOW (29/6)- Dinas Koperasi dan UMKM siapkan stimulus untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah guna berkembangnya UMKM Lampung di masa pandemi.

“Saya kira cukup jelas rapat tadi dan konsennya, bahwa bagaimana kita bisa saling mendorong dalam tim percepatan akses Keuangan daerah, supaya bisa mendorong berkembangnya UMKM,”

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Agus Nompitu mengatakan, ini akan menjadi suatu sektor yang penting dan perlu perhatian yang serius untuk membangkitkan UMKM nya.

“Untuk membangkitkan UMKM dari sisi tim percepatan akses Keuangan Daerah artinya kebijakan yang diberikan baik itu stimulus-stimulus dan insentif untuk para pelaku UMKM- UMKM, pelaku koperasi yang terdampak covid-19 maka ini perlu direalisasikan. Karena merupakan upaya untuk mengembalikan recovery pertumbuhan ekonomi,”kata Agus di Ruang Command Center Dinas Kominfo & Statistik Provinsi Lampung ,Senin (29/06/2020)

Baca Juga:   Terima Kunjungan Seskoad, Herman HN Minta Agar Siswa Bisa Jadi Pemimpin Yang Baik

Ia menambahkan,untuk saat ini di triwulan pertama masih di angka 1,73%, tentukan harus ada satu langkah kebijakan yang extra ordinary.

” Sebulan lagi extra ordinary ini tidak bisa hanya yang biasa-biasa saja tapi harus luar biasa. Salah satu kunci stabilitas ekonomi adalah stabilitas keuangan . Oleh sebab itu pengawalan dari sisi fiskal dan moneter bersama perbankan, pemerintah dan juga refocusing ini harus betul-betul terukur dan dirasakan langsung pada masyarakat,”tambahnya.

Baca Juga:   5 Gejala Penyakit Diabetes yang Perlu Diwaspadai

Kemudian, bentuk stimulus ini tentu banyak hal diantaranya adalah stimulus dalam bentuk restrukturisasi maupun relaksasi dari kebijakan keuangan.

jadi, ada kemudahan dalam menerima kredit lalu ada juga penundaan bunga yang termasuk angsuran yang diberikan selama 6 bulan sejak bulan Mei .

Sedangkan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung sendiri melalui para mitra nasabah UMKM yang memiliki kerjasama sebagai mitra dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) itu dapat penundaan selama 1 tahun.

Baca Juga:   Terima Kunjungan Kerja Wakil Bupati Jembrana Bali, Herman HN Sampaikan Keberhasilan Pemda Kota Bandar Lampung

jadi, penundaan itu terhitung sejak pengajuan dari UMKM, lalu ada struktur restrukturisasi dan relaksasi . Dari sisi yang lain itu diberikan insentif pajak yang selama ini pajaknya 0,5% ini PPH finalnya itu disubsidi oleh pemerintah.

“Kami selaku Dinas koperasi akan memfasilitasi itu. Sisi yang lain terus melakukan pelatihan online.dan insyallah akan kita adakan pasar online tahun ini,”jelasnya.(ve/RF)

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan