Dwi Agus Riyanto Pimpin DPD HATSINDO Provinsi Lampung Periode (2020-2025)

Dwi Agus Riyanto Pimpin DPD HATSINDO Provinsi Lampung Periode (2020-2025)

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG SEGALOW (25/6)  – Penyelenggaraaan Musyawarah Daerah ke II, (Musda II) DPD Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (HATSINDO) Provinsi Lampung telah berhasil dan sukses di selenggarakan di Graha Nuri (DPD Askonas & Hatsindo) Gedong Air, Kecamatan Tanjung Karang Pusat pada Selasa (23/6).

Pelaksanaan Musda II ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting yang dihadiri oleh 100 anggota DPD Hatsindo,
Wakil ketua LPJK Ir. Juniardi MT, Ketua DPP Hatsindo Ir. Supai M. Noer, MM.

Berdasarkan hasil Musda II, pengurus baru periode 2020-2025 ini akan di nahkodai Dwi Agus Riyanto, ST., MT., sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Lampung.

” Alhamdulillah, setelah pembukaan pimpinan Musda terpilih ketua baru, dan kebetulan pada periode ini saya diberi kepercayaan untuk memimpin organisasi ini, ” ujar Dwi Agus Riyanto saat di temui Lampung Segalow, Kamis (25/6/2020).

Baca Juga:   3 Ramuan Scrub untuk Kulit Berminyak yang Bisa Anda Buat di Rumah

Dalam kesempatan ini, Dwi berharap kedepannya semua pelaku jasa konstruksi mempunyai sertifikasi dan kompetensi di bidangnya.

” Di Lampung ini tenaga kerja yang mempunyai sertifikasi kompetensi masih sangat sedikit. Mungkin tidak mencapai 70 persen, rata-rata diantara mereka tidak mempunyai sertifikasi, karena di ajak teman kerja bangunan dll. mereka ikut tapi tidak mempunyai basik atau kopetensi . Oleh karena itu, kita akan membantu untuk mensertifikasi mereka sehingga mereka mempunyai nilai tawar lebih ” jelasnya.

Selain itu, Dwi mengungkapkan, ia juga mempunyai program kegiatan tiga bulan kedepan yakni, sedang menyiapkan proses Akreditasi Asosiasi dan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Baca Juga:   6 Gejala Penyakit Diabetes yang Sering Diabaikan

” Ini yang sedang kita kejar, akreditasi asosiasi. Ini menjadi tugas berat kita, Hatsindo Provinsi Lampung harus bisa lolos untuk akreditasi asosiasi, ” ungkapnya.

Menurutnya, untuk jangka menengah satu tahun kedepan DPD Hatsindo Provinsi Lampung akan melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan, asosiasi perusahaan, dan pelaku jasa konstruksi untuk penyiapan tenaga kerja yang bersertifikat.

” Sekarang ini kami akan coba kerjasama dengan perguruan tinggi, dan sekolah khususnya SMK di wilayah Lampung . Jadi adik-adik kita, jika lulus STM/SMK keluar nanti tidak hanya mendapat ijazah tapi mendapat juga sertifikat kopetensi, ” tuturnya.

Sesuai dengan undang-undang jasa konstruksi nomor 2 tahun 2017 maka kewenangan sertifikasi akan dikembalikan ke asosiasi melalui lembaga sertifikasi profesi (LSP). Oleh karena itu, disisi internal kita juga akan menyiapkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Baca Juga:   Sekdaprov Imbau Cegah DBD dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat

“Proses untuk mendapat sertifikasi, mereka bisa langsung mendaftar keasosiasi, kampus, sekolah atau perusahaan untuk diikut sertakan dalam proses sertifikasi kopetensi, kemudian di teruskan untuk proses registrasi dan sertifikasi di LPJK. Setelah itu kalau dinyatakan kompeten maka akan diterbitkan sertifikat kompetensi, yakni Sertifikat Keterampilan (SKT) atau Sertifikat Keahlian (SKA), ” pungkasnya (din/rf)

Tags: , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan