22 Oktober 2020

Herman HN Berupaya Kembangkan KSM UMKM

Herman HN Berupaya Kembangkan KSM UMKM

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG SEGALOW – Kota Bandarlampung memiliki keunggulan khusus di bidang infrastruktur, perdagangan dan ekonomi, mulai dari usaha kecil, menengah, sampai usaha ekonomi skala besar yang berdampak pada pembangunan kemajuan di bidang industri kecil dan menengah.

Selain itu, kota yang berjuluk tapis berseri ini sebagai ibu kota Provinsi Lampung merupakan pusat pemerintahan, perdagangan, dan jasa, serta etalase 15 kabupaten/kota.

Pengembangan Kelompok Swadaya Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KSM/UMKM) saat ini semakin penting dan strategis ketika perekonomian mengalami penurunan yang cukup siginifikan di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga:   Tangkal Virus Corona, Eva Dwiana Sosialisasikan Ramuan Empon-Empon

Khusus bidang industri, mengalami peningkatan cukup signifikan ditandai dengan meningkatnya pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai jenis produk sandang maupun pangan.

Untuk itu, Pemerintah Kota Bandarlampung berupaya mengembangkan KSM/UMKM secara maksimal dengan melakukan pembinaan oleh satuan kerja terkait dengan membantu proses penerbitan izin usaha.

“Di masa pandemi kita jangan frustasi, harus ambisi supaya tingkat ekonomi kita cepat tumbuh. Saya gratiskan semua izin-izin, izin apa saja di Kota Bandarlampung saya gratiskan, saya tanggung jawab,” tegasnya, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga:   Yustin Paparkan Capaian Kerja M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri 3 Tahun

Selain itu, Pemkot juga memberikan kemudahan bagi pelaku KSM/UMKM dalam hal pinjaman modal.

“Untuk meminjam ke bank nanti didampingi oleh kepala bidang perekonomian, perdagangan, perindustrian, dan koperasi juga mendampingi UMKM,” tuturnya.

Herman HN meminta pelaku KSM/UMKM meningkatkan kualitas produk agar mampu bersaing dan menjawab tantangan selera masyarakat, salah satunya dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga:   Herman HN Apresiasi Kegiatan TMMD Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Kemasan produk juga harus menarik, dengan sistem promosi yang lebih modern akan memberikan nilai tambah bagi wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Lampung.

“Kita juga membantu pemasaran ke hotel-hotel, kemudian ada 4 ruko yang saya kasih pinjam di Pasar Tengah secara gratis,” ujar Herman HN. (Din/RF)

Tags: , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan