Herman HN Minta Hukum Agraria Tertib

Herman HN Minta Hukum Agraria Tertib

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG SEGALOWWalikota Bandarlampung Drs. H. Herman HN, MM. membuka rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kota Bandarlampung Tahun 2020. Dalam rakor tersebut Herman HN menegaskan agar hukum agraria di kota tertib.

“Rakor ini agar reforma agrarianya berjalan dengan baik, kita bagaimana penataan dan kepemilikan tanah harus lebih baik semua. Kota ini hukumnya harus lebih tertib, sekarang sudah tertib namun harus lebih tertib lagi, mana yang belum sertifikat segera di sertifikatkan, “kata Herman HN, di Gedung Sai Batin Bandarlampung, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga:   Ruspan Anwar Buka Pelatihan SDE

Lebih lanjut ia mengatakan hal ini bertujuan agar penataan akses untuk masyarakat kota lebih nyaman dan sejahtera.

“Jangan sampai kepemilikan tumpang tindih, kita selesaikan siapa pemilik sebenarnya, sudah itu jika ada yang belum memiliki sertifikat bagaimana kita sertifikat PTSL itu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan (BPN) Kota Bandarlampung, Ahmad Aminullah mengatakan, proses pendampingan pensertifikatan tanah oleh GTRA juga sudah dilakukan di Pulau Pasaran.

Baca Juga:   Pastikan Protokol Kesehatan Berjalan Baik, Wagub Chusnunia Tinjau Langsung Gugus Tugas Covid-19 Lampung Utara

“Kita bantu persertifikatan, sementara ini baru Pulau Pasaran. Nantinya akan ada lanjutan lagi. Kata pak wali akan dibuatkan jalan (di Pulau Pasaran). Hampir seluruh pulau pasaran sudah (sertifikasi tanah), luasnya kurang lebih 12 hektare,” ujarnya.

Saat ditanya status tanah di daerah Pulau Pasaran yang merupakan kawasan pulau, pihaknya membenarkan, namun dalam hal ini masyarakat dapat mensertifikatkannya karena sebagai daerah pemukiman.

Baca Juga:   Pemprov-Pemkot Jalin Silaturahmi Melalui Safari Ramadhan

“Karena itu (Pulau Pasaran) merupakan pemukiman, memang dalam bentuk pulau tapi masyarakat tinggal disitu. Maka mereka dapat mensertifikatkan tanahnya, dan itu tidak masalah,” jelasnya. (Din/RF)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan