19 Januari 2022

Pemkot Rakor Optimalisasi IPLT

Pemkot Rakor Optimalisasi IPLT

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, dimana Eva Dwiana sebagai walikota melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Balai Prasarana Permukiman wilayah Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait pemenuhan Readiness Criteria Optimalisasi Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Bandarlampung, di Hotel Emersia. Kamis (2/12).

Eva mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi terkait masalah IPLT Kota Bandarlampung yang dibantu oleh Kementerian PUPR melalui kepala Balai.

“Alhamdulillah, ini sesegera mungkin beroperasi. Tadi bunda udah banyak menjelaskan juga kepada PUPR melalui kepala balai dan ini adalah kebanggan kita, ini tidak terduga. Ternyata tinja bisa memberikan APBD untuk Kota Bandarlampung,” kata dia.

Baca Juga:   Pedagang Pasar Demo Pemkot Bandarlampung

Ia berharap, keberadaan IPLT dapat mengatasi seluruh permasalahan terkait pembuangan tinja dari perumahan, perkantoran, sekolah-sekolah, perguruan tinggi, dan puskesmas.

“Nanti petugas akan menyedot tinja untuk kita jadikan pupuk, dan juga banyak yang kita olah dari tinja ini, bunda minta kerjasama dari masyarakat bahwa untuk kebaikan kita bersama,” harap dia.

Dengan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Balai Prasarana Permukiman wilayah Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR yang sudah mendukung terlaksananya IPLT Bandarlampung.

Baca Juga:   Gubernur Arinal Lakukan Kunjungan Kerja Tinjau Gudang Bulog

“Nanti juga akan ada tim kita yang dilatih oleh Balai, dua dari Dinas PU, dua dari UPT Kebersihan. Ini untuk menjalankan operator dari mesin yang sudah diberikan Kementerian PUPR kepada kita,” ungkap dia.

Sementara, Kepala balai prasarana permukiman wilayah Lampung, Ir. Maria doeni isa ST.MM mengatakan, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bandarlampung yang sudah bekerjasama dengan pihaknya untuk kegiatan Infrastruktur ke PUPR di Kota Bandarlampung.

“InsyaAllah yang kita bangun ini bermanfaat bagi masyarakat Kota Bandarlampung, menciptakan lingkungan hunian yang sehat dan secara tidak langsung untuk amal ibadah juga meningkat, dan semua mendo’akan agar pimpinan di Kota Bandarlampung sehat dan sejahtera,” ucap dia.

Baca Juga:   Priyanto Pimpin Upacara HUT Provinsi Lampung Ke-55

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandarlampung, Iwan Gunawan mengungkapkan, saat ini pembangunan IPLT Kota Bandarlampung sudah mencapai 95% dan hampir rampung sepenuhnya.

“Pada awal tahun depan sudah mulai dioperasionalkan. Jadi, IPLT Kota Bandarlampung ini dibangun oleh kementrian PUPR melalui balai permukiman diwilayah provinsi,” tutup dia. (KB/TSF/AA)

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan