15 Cara Merawat Kuku Sehat Alami

15 Cara Merawat Kuku Sehat Alami

LAMPUNG SEGALOW (26/3) – Setujukah Anda jika ada ungkapan yang menyatakan bahwa kepribadian seseorang bisa dibaca dari kondisi kukunya? Sayangnya, banyak orang yang justru meremehkan kesehatan dan kondisi kuku mereka.

Kuku yang sehat bukan hanya tampilannya yang mengkilap, cantik, dan halus. Kuku yang sehat alami harus diperlalukan secara tepat. Nah, ingin memiliki kuku terawat yang sehat alami? Berikut 15 langkah merawat kuku seperti dilansir Fustany.

1. Anda bisa menjaga kuku Anda tetap bersih dan lembab dengan merendam tangan ke dalam air bersabun dan membersihkan bagian bawah kuku dengan sikat kuku yang bisa Anda pesan langsung dari apotek mana pun.

2. Terkadang kuku kita lemah, biotin membantu memperkuat kuku yang rapuh. Secara alami dapat ditemukan juga di banyak makanan, dan itu juga tersedia dalam bentuk suplemen di toko obat. Tetapi tentu saja, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Baca Juga:   Inilah 'Desa' Indah di Taiwan, Ada Kebun Sakura hingga Theme Park Seru

3. Selalu perhatikan setiap perubahan pada kuku Anda. Kuku putih, kuning, atau kecokelatan bisa memberi tahu banyak tentang kesehatan tubuh Anda. Mereka dapat mendeteksi penyakit tubuh, masalah di hati, paru-paru, atau jantung Anda.

4. Memotong kuku dengan benar membantu menjaganya tetap bersih dan gaya. Gunakan gunting kuku bulat kecil untuk memotong kuku Anda tetapi pastikan untuk tidak memotongnya terlalu dekat dengan kulit.

5. Gunakan kikir kuku ampelas lunak atau papan kayu 180/240 untuk pilihan terbaik yang tidak merusak kuku Anda.

6. Orang-orang yang banyak bekerja dengan tangan mereka seperti atlet olahraga atau seniman lebih cenderung memiliki tangan yang kering dan kuku yang gapoang patah. Jadi sebaiknya, lembabkan kuku dan kutikula Anda setiap saat dengan minyak atau krim tangan agar tidak kering dan pecah-pecah.

7. Kutikula adalah bagian yang melindungi lempeng kuku Anda dari bakteri, dan jika Anda tak melindungi kutikula, ini bisa membuat kuku Anda terkena infeksi. Rawat kutikula dengan air hangat kemudian oleskan penghilang kutikula. Atau gunakan kembali dengan kain lembut setelah melembapkannya.

Baca Juga:   8 Dekorasi Rumah untuk Memeriahkan Perayaan Imlek

8. Jangan menjadikan perawatan kuku profesional sebagai kebiasaan rutin. Secantik apapun tangan Anda terlihat, itu bisa berbahaya jika dilakukan secara teratur karena alat yang digunakan di salon bisa terlalu keras pada kutikula Anda, kulit, atau dapat menghilangkan lapisan lempeng kuku Anda.

9. Hati-hati dengan sampo kuku. Seperti rambut Anda yang terkadang tidak cocok atau bereaksi tidak baik dengan sampo baru, kuku Anda juga dapat memiliki reaksi yang buruk juga.

10. Hindari menggunakan penghapus cat kuku berbasis aseton berlebih. Ini dapat mengeringkan kuku, kutikula, dan kulit Anda. Dan jika Anda sudah memiliki kuku yang kering, lemah atau terkelupas, Anda sebaiknya beralih menggunakan penghapus cat non-aseton.

11. Kenakan beberapa sarung tangan atau coba untuk menghindari kontak dengan deterjen dan terlalu banyak bersentuhan dengan pembersih bahan kimia. Bahan-bahan pembersih kimia dapat menghilangkan minyak alami di tangan atau kuku Anda.

Baca Juga:   Polres Pesawaran Bantu Warga Kurang Mampu

12. Ladies, cobalah untuk menghindari ekstensi kuku penuh seperti gel atau kuku akrilik. Ini dapat menyebabkan kuku patah dan membuat kuku alami Anda rusak. Butuh waktu berbulan-bulan, hingga satu tahun penuh untuk memulihkannya.

13. Kuku akrilik sangat cantik, bukan? Nah, jika Anda harus menggunakannya, maka cobalah ekstensi ujung kuku Anda saja. Cara ini membuatnya tidak menyentuh kuku secara penuh atau memengaruhi seluruh kuku Anda.

14. Beberapa cat kuku, secara umum, mengandung racun yang larut ke dalam kulit Anda dan dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda dalam jangka panjang.

(LS/RF) 

 591 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan