2 Koruptor Bikin Lampung Blenyon

2 Koruptor Bikin Lampung Blenyon

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG SEGALOW – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menuding dua mantan bupati yang tersangkut masalah korupsi membuat nama baik provinsi rusak alias blenyon di mata bangsa Indonesia. Dua sosok yang dimaksudnya itu adalah Zainuddin Hasan (Tadinya Bupati Lampung Selatan) dan Mustafa (Mantan Bupati Lampung Tengah).

“Tertangkapnya dua orang ini mengakibatkan turunnya Indek Ketahanan Nasional (Indekhanas) di Lampung,” ungkap gubernur, saat refleksi akhir tahun, Senin (31/12).

Saat pertama dia menjabat sebagai gubernur, ketika itu Lampung peringkat 25 nasional. Lalu, berangsur naik menjadi 11.

“Tapi gara-gara mereka berdua turun lagi menjadi 12,” sesal Ridho.

Padahal sudah beragam prestasi yang diraihnya dengan susah payah selama bertugas. Yaitu di sektor pembangunan infrastruktur, seperti jalan, telah mengalami peningkatan yang signifikan dari 62% jalan mantap di tahun 2014 menjadi 79,89% ditahun 2018.

Bahkan dengan kemampuan melobby Pemerintah Pusat, Gubernur membawa Lampung mampu memiliki Bandara Internasional, memiliki Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 250 Km, dan Dermaga Eksekutif, serta pembangunan bendungan.

Baca Juga:   Pertegas Batas Sempadan Pantai, Nanang Ermanto Kawal Langsung Pemasangan Patok Beton di Pantai Kedu dan Kedu Warna

Peningkatan di sektor infrastruktur juga sangat berpengaruh siginifikan terhadap sektor pariwisata. Ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Lampung yaitu 4,42 juta juta wisatawan di tahun 2014 menjadi 13,4 juta wisatawan ditahun 2018.

Dengan adanya Bandara Internasional, Jalan Tol trans Sumatera, dan Dermaga Eksekutif, maka perekonomian Lampung dan peningkatan pariwisata Lampung akan semakin meningkat.

Peningkatan SDM seperti pembangunan Gedung Perpustakan Modern, Lampung Astronomical Observatory (LAO), serta pembangunan Bumi Perkemahan dan Pembangunan Kawasan Kota Baru.

Lalu, peningkatakan perekonomian. Bahkan sepanjang 2018 pertumbuhannya mencapai 5,22 dan selalu berada di atas rata-rata Sumatera 4,72 dan Nasional 5,17. Serta, datangnya investor Singapura.

Di sektor produksi pertanian juga mengalami peningkatan. Untuk padi, dari 3.32 juta ton dan jagung sebanyak 4.42 juta ton di tahun 2014 menjadi 4.56 juta ton padi dan 2.58 juta ton jagung diitahun 2018. Peningkatan sektor pertanian ini juga mampu menekan angka kemiskinan.

Baca Juga:   Bupati Lampung Selatan Temu Pamit Kapolres, Edwin Datang Zaky Ke Lampung Timur

Daya saing juga mengalami peningkatan dari peringkat 25 Nasional di tahun 2014 menjadi peringkat 12 tahun ini. Selain itu, Indeks pembangunan Manusia (IPM) terus mengalami peningkatan dari 66.95 di tahun 2015 menjadi 68.25 di tahun 2017.

Tingkat pengangguran terbuka menurun dari 5,08% di tahun 2014 menjadi 4,06% di tahun 2018. TIdak hanya itu, tingkat kemiskinan di Lampung juga mengalami penurunan, dari 14,28% ditahun 2014 menjadi 13,14% ditahun 2018.

Gubernur juga sangat konsen terhadap pembangunan Pendidikan dan Kesehatan. Hal ini ditunjukkan dengan melakukan peningkatan infrastruktur pendidikan menengah dan khusus (SMA/SMK/SLB), mengadakan program Lampung Mengajar di daerah terpencil, memberikan Bosda, dan bantuan beasiswa, dan berbagai upaya lainnya.

Baca Juga:   Pisah Sambut Kepala Lapas Kalianda

Dalam meningkatkan Sektor Kesehatan, Gubernur terus meningkatkan sarana dan prasarana RSUD Abdul Moeloek, meningkatkan pelayanan di Rumah sakit Bandar Negara Husada, dan operasional rumah sakit keliling untuk melayani wilayah DTPK (Daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan) serta daerah prioritas lainnya.

Gubernur juga fokus terhadap program pengentasan kemiskinan berbasis desa melalui program Gerbang Desa Saburai. Dan berdasarkan evaluasi BPS Provinsi Lampung tahun 2017, status tertinggal yang semula sebanyak 380 desa ditahun 2015 menjadi 119 desa ditahun 2017, serta berbagai upaya Gubernur Ridho dalam meningkatkan disektor lainnya untuk kemajuan dan kesejahteraan Lampung.

“Meski rusak akibat sangkaan korupsi oleh dua orang tadi, semoga segala raihan tersebut mampu diingat oleh rakyat Lampung”, tutupnya.(fa/rf)

 828 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan