21 Oktober 2021

278 Calhaj Tanggamus Bertolak 7 Agustus

278 Calhaj Tanggamus Bertolak 7 Agustus

Ilustrasi.

KOTAAGUNG, LAMPUNG SEGALOW – Sebanyak 278 orang calon jemaah haji (Calhaj) Tanggamus akan berangkat pada 7 Agustus mendatang. Jumlah itu adalah gabungan dari jemaah yang lakukan pelunasan Biaya Pemberangkatan Ibadah Haji (BPIH) tahap I dan II.

“Untuk jumlah calon jemaah tahap II yang melunasi jumlahnya 33 orang, maka jumlah totalnya antara tahap I dan II jumlahnya 278 orang, lalu ditambah dengan petugas pendamping dan medis 282 orang,” ujar Kasi Umroh dan Haji Kemenag Tanggamus Musanip, mendampingi Kepala Kantor Kemenag Tanggamus Murdi Umar, Rabu (30/5).

Baca Juga:   1.226 Agamawan Terima Insentif

Lebih lanjut ia mengatakan untuk masa pelunasan tahap II habis pada 25 Mei lalu. Kuota tambahan berisi kategori calhaj lansia, cadangan dan tambahan. Sedangkan kuota tahap I yang saat itu tidak sesuai dari kuota tidak digantikan.

Untuk calhaj tertua bernama Zainal Karyo Dikromo yang berusia 87 tahun dari Pekon Gisting Bawah, blok 33 Kecamatan Gisting. Sedangkan calhaj termuda berusia 31 tahun bernama M Arif Hidayat Suranto, warga Pekon Gisting Bawah, Kec. Gisting.

Untuk calhaj tertua, Kemenag Tanggamus memastikan yang bersangkutan kuat secara fisik, sebab sebelumnya pun sudah diadakan pemeriksaan medis oleh tim Dinas Kesehatan Tanggamus.
Untuk tahap selanjutnya yang akan dijalani calhaj adalah manasik haji atau latihan dan bimbingan ibadah haji. Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam bulan depan sedangkan waktunya belum ditentukan. Nantinya juga dilibatkan KUA di tiap kecamatan yang ada calhajnya.

Baca Juga:   XL Axiata Fokus Pemerataan Jaringan 4G, Catat Lokasinya

Musanip mengaku selain itu akan diadakan pembagian visa yang saat ini masih dalam proses. Sedangkan untuk pasport sebagian calhaj sudah miliki. Kemudian juga akan dibagikan koper, tanda identitas dan perlengkapan calhaj lainnya.

“Untuk koper dan perlengkapan sudah ada di Kanwil Kemenag Lampung tinggal diambil. Selama ini belum diambil karena menunggu kepastian berapa total calhaj yang akan berangkat,” jelasnya
Sedangkan untuk Ongkos Transit Daerah (OTD), sampai sekarang Kemenag Tanggamus belum menerimanya. Jumlahnya Rp 2,372 juta per orang dan itu sama bagi seluruh calhaj kabupaten/kota di Lampung.

Baca Juga:   Pembalap 'Bau Kencur' Tertantang Kalahkan Valentino Rossi

OTD adalah sumbangan seluruh pemkab kabupaten/kota yang dananya dikumpulkan di provinsi lantas diberikan untuk menanggung ongkos akomodasi dari kabupaten/kota asal sampai Bandara Soekarno-Hatta berangkat dan pulang.(SB/CD)

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan