4 Trik Hemat Menjalankan Diet Mediterania

4 Trik Hemat Menjalankan Diet Mediterania

LAMPUNG SEGALOW (21/3) – Diet Mediterania sangat identik dengan makanan segar dan non-olahan. Namun, banyak orang menganggap makanan yang dikonsumsi untuk pola makan ini tidak ramah di kantong.

Menu utama dalam diet Mediterania adalah makanan-makanan segar, makanan laut sehat, lemak sehat, dan biji-bijian utuh.Diet tersebut ternyata tetap bisa dijalankan dengan anggaran yang tidak terlalu membengkak. Berikut triknya dari para pakar:

1. Perencanaan

Pendiri Mediteranian Diet Roundtable, Daniela Puglielli, yang mempelajari hal-hal ilmiah dari diet Mediterania menjelaskan, penghematan dalam menjalani diet tersebut bisa dilakukan dengan patuh melakukan perencanaan makan dari waktu ke waktu.

Hal senada diungkapkan Brynn McDowell, RD. Menurutnya, datang ke supermarket dan membawa daftar belanjaan bisa membantu para pelaku diet ini mengurangi sisa makanan dan memangkas biaya belanja.

Baca Juga:   Unik, Kemeja Mirip Seragam Sekolah "Corat-coret" Dibanderol Rp 18 Juta

“Jika kamu hanya menggunakan setengah bundaran selada untuk makan malam ini, rencanakan makanan yang menggunakan selada setengahnya lagi untuk malam berikutnya. Sehingga selada tersebut tidak terbuang,” katanya.

Ketika mengatur menu makanan, perhatikan pula harga khusus yang ditawarkan supermarket.

Hal-hal ini kedengarannya kecil, namun bisa membantu kita untuk menbangun kebiasaan berhemat.

2. Membeli makanan beku dan kalengan

“Sayur dan buah-buahan beku dan kalengan juga sama baiknya dan tetap lebih baik daripada tidak mengkonsumsinya sama sekali,” ujar Brynn.

Baca Juga:   Batik Motif Parang Jadi Doa Iriana Jokowi di Debat Pilpres 2019

Biasanya, makanan jenis ini selalu lebih murah daripada jenis yang segar. Sayur dan buah beku dan kalengan juga memiliki daya tahan yang lebih tinggi sehingga kamu bisa menyimpannya selama beberapa waktu.

3. Makan makanan berbasis tanaman

Dalam diet apapun, daging berkualitas biasanya cenderung lebih mahal dan menyedot anggaran besar.

“Menambahkan sayuran, biji-bijian utuh dan legume bisa menghemat banyak uang karena biasanya lebih murah daripada daging,” kata Brynn.

Faktanya, diet Mediterania memang mengajak para pelakunya untuk mengkonsumsi jenis makanan tersebut.

Walaupun daging merah tidak terlarang (dan tidak masalah untuk dikonsumsi secara berkala), makanan berbasis tumbuhan tetap penting dalam pola makan ini.

Baca Juga:   Anggota DPRD Lampung Minta Terduga Selingkuh Dipecat

Daniela mengatakan, secara tradisional, diet Mediterania justru melibatkan makanan-makanan murah karena minim daging merah dan ikan.

4. Ganti sesuai musim

Pastikan kamu mengetahui musim-musim setiap sayur dan buah-buahan.

Brynn mengatakan, membeli sayur dan buah yang sedang musim adalah trik lainnya untuk menekan anggaran makanan ketika berbelanja.

Sebuah jenis makanan harganya mungkin akan mencapai dua kali lipat ketika tidak musim.

“Sayur dan buah yang sedang musim seringkali lebih murah dan bisa didapatkan lebih banyak, serta lebih banyak pilihan rasa,” ujarnya.

(LS/RF)

 725 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan