25 September 2022

5 CARA AGAR ANAK SENANG BELAJAR

5 CARA AGAR ANAK SENANG BELAJAR

LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Anak butuh belajar banyak hal agar bisa meraih mimpinya di masa depan. Meski begitu, beberapa anak mungkin saja tidak terlalu semangat belajar.

Ya Moms, Ada banyak faktor yang memengaruhi hal itu, salah satunya adalah perkembangan dunia pendidikan yang terkesan monoton.

“Memang dari hasil-hasil riset 100 tahun terakhir tuh perkembangan di dunia pendidikan bisa dibilang gitu-gitu aja, konvensional sekali. Bahkan, di beberapa sekolah masih dipakai cara punishment and reward,” jelas psikolog anak dan keluarga Samantha Elsener, M.Psi dalam webinar bertajuk “Parent Hub: Buat Belajar Lebih Bermakna.”

Lantas, bagaimana caranya agar anak senang belajar? Berikut 5 Cara Menumbuhkan Rasa Senang Belajar pada Anak

Baca Juga:   Tutorial Makeup Vanesha Prescilla Agar Secantik Milea di Dilan 1991

1. Tumbuhkan Kesadaran
Salah satu cara yang perlu dilakukan orang tua agar anak senang belajar adalah menumbuhkan kesadaran. Menurut Samantha, orang tua bisa memahami terlebih dahulu istilah triangle of mindfulness atau segitiga kesadaran yang terdiri dari awareness (kesadaran), attention (perhatian), dan acceptance (penerimaan).

Awareness berkaitan dengan kesadaran tentang apa yang harus dipelajari dan apa fungsinya. Attention merujuk pada fokus terhadap apa yang dipelajari. Sementara itu, acceptance berarti menerima proses pembelajaran yang dilakukan. Ketiganya itu perlu didukung niat untuk belajar dari dalam diri.

2. Apresiasi Rasa Ingin Tahu Anak
Pada dasarnya, anak selalu punya rasa ingin tahu dalam dirinya. Itulah sebabnya anak-anak umumnya suka bertanya berkali-kali. Orang tua perlu menghargai dan mengapresiasi hal tersebut dengan memberikan kata-kata yang positif agar si kecil lebih tertarik untuk belajar lagi.

Baca Juga:   BAU BADAN TERHADAP ANAK TERDAPAT MASALAH KESEHATAN?

3. Hargai Cara Belajar Anak

Setiap anak punya gaya belajar yang berbeda-beda. Hal yang perlu dilakukan orang tua adalah menghargai cara yang dipilih anak.

Meski begitu, orang tua juga bisa mendorong anak untuk mencoba cara lain agar pembelajaran si kecil lebih variatif. Misalnya, jika anak cenderung lebih suka belajar dengan cara visual, ajak anak untuk mencoba gaya belajar secara auditori untuk melatih kemampuan mendengarnya.

4. Dorong Anak untuk Bermain
Tak hanya menyenangkan, bermain juga bisa menjadi sarana bagi anak untuk belajar hal baru. “Karena dengan bermain itu sebenarnya anak belajar konstruktif dengan perasaan, konsep, ide, dan material,” jelas Samantha.
Untuk itu, orang tua dapat menawarkan permainan kreatif yang mampu mendorong menumbuhkan rasa senang belajar pada anak.

Baca Juga:  
ARINAL BUKA KEGIATAN BIMTEK ANTI KORUPSI

5. Berikan Contoh Rasa Ingin Tahu secara Intelektual
Setelah anak melalui proses belajar, tanyakan pada anak apa yang sudah ia pelajari untuk mengetes pemahamannya. Hal ini juga bisa menjadi cara agar anak menyadari bahwa belajar ternyata bisa membangun daya ekspresif dalam bercerita dengan orang lain. (Ist/TSF/AA)

 561 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan