5 CARA AMPUH UNTUK CEPAT TIDUR UNTUK TUBUH LEBIH BUGAR

5 CARA AMPUH UNTUK CEPAT TIDUR UNTUK TUBUH LEBIH BUGAR
Foto: Shutterstock

LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Hampir semua orang pasti pernah mengalami kesulitan tidur di malam hari. Bahkan, meski tubuh dalam keadaan lelah, mata terkadang tidak bisa dipejamkan hingga membuat banyak orang mengalami gangguan kualitas tidur alias begadang.

Nah, hal-hal seperti inilah yang menyebabkan rutinitas keesokan hari terganggu dan membuat kita bekerja tidak segar. Perlu kamu ketahui, secara ilmiah hal tersebut bisa dicegah agar membuat jam tidur tidur teratur.

Menjauhkan Ponsel atau Alat Elektronik Lainnya
Di tengah perkembangan zaman saat ini, alat-alat elektronik sudah menjadi kebutuhan utama bagi kegiatan sehari-hari. Namun, tidak sedikit pula yang tak bisa mengontrol hal-hal tersebut, salah satunya bermain HP sebelum tidur.
Disebutkan, kebiasaan tersebut sangat mengganggu pola tidur manusia lantaran akan berfokus ke alat elektronik tersebut ketimbang memejamkan mata untuk tidur. Nah, sebaiknya, alat-alat elektronik seperti HP, tablet, iPad, dan lain sebagainya harus dijauhkan dari tempat tidur.
Tidak hanya itu, kamu juga bisa menonaktifkan ponsel ketika hendak tidur agar kualitas tidurmu terganggu dan bisa beraktivitas dengan segar keesokan harinya.

Baca Juga:   5 CARA AGAR CEPAT MOVE ON DARI MANTAN

Membuat Jadwal Tidur
Mengatur diri sendiri agar lebih disiplin dianggap merupakan salah satu cara untuk membuat hidup lebih teratur. Meski terkadang sulit dilakukan, namun cara ini dianggap ampuh menjaga pola hidup menjadi lebih sehat atau bugar, salah satunya membuat jadwal tidur.
Menurut para pakar, cara ini dinilai sangat baik kepada orang yang mengalami kesulitan untuk tidur. Membuat jam jadwal tidur hingga bangun keesokan harinya adalah hal yang harus dilakukan karena disebut akan membuat hidup lebih teratur.
Meski awalnya sulit untuk diterapkan, namun cara ini disebut harus dilakukan atau dipaksa agar membantu kualitas tidurmu yang terkadang berantakan atau kesulitan tidur.

Kurangi Mengkonsumsi Kafein
Kafein adalah zat di dalam teh, kopi atau kakao yang bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Mengapa? Sebab zat ini dinilai mampu menghambat kerja adenosine receptor untuk membuat tubuh terhindar dari rasa kantuk.
Perlu diketahui, kafein juga disebut merupakan zat stimulan pada otak dan saraf yang juga bisa meningkatkan gangguan tidur terutama di malam hari. Nah, ada baiknya, kamu menghindari kopi, teh, dan minuman mengandung kafein agar pola tidurmu tidak terganggu.

Baca Juga:   4 CARA AMPUH UNTUK ATASI DESPRESI SAAT HAMIL

Menjaga Pola Makan
Pola makan juga sangat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Pasalnya, setiap kandungan atau nutrisi di makanan yang kita konsumsi bisa mengganggu kualitas tidur hingga akhirnya berujung begadang.
Menurut berbagai sumber, makanan yang dapat dikonsumsi agar pola tidur tetap terjaga yakni kalkun, keju, dan ikan. Selain itu, buah-buahan juga termasuk mempengaruhi kualitas tidur. Mulai dari buah ceri, tomat, hingga kacang kenari wajib kamu konsumsi.
Tidak hanya itu, beragam sayur-sayuran juga dianggap ampuh membantu tubuh agar lebih cepat tertidur. Makanan kaya serat dan nutrisi itu dapat membantumu mengantuk dan tidur pulas terkhusus pada malam hari.

Baca Juga:   Pemberitaan soal Bunuh Diri Tak Boleh Sensasional

Menghilangkan Pikiran Negatif
Dari berbagai penelitian, pikiran negatif atau stres merupakan salah satu faktor penyebab seseorang kesulitan tidur di malam hari. Nah, hal inilah yang juga dianggap tidak perlu dilakukan atau dipikirkan secara berlebihan ketika kamu sudah berada di tempat tidur Disebutkan, menghilang pikiran negatif atau stres setelah menjalani kegiatan sehari-hari merupakan sebuah obat alami agar pola tidur tetap terjaga. Menenangkan diri terkhusus pikiran adalah hal yang harus kamu lakukan agar pikiran negatif dan stres hilang saat berada di tempat tidur.

Atau, para ahli menyebut melakukan olahraga kecil seperti yoga dan lainnya juga termasuk cara membuat tubuh lebih rileks dan menyebabkanmu mengantuk hingga tertidur. Nah, itulah lima hal yang harus kamu lakukan setiap hari agar pola tidurmu tetap terjaga dan tidak mengganggu kegiatan keesokan harinya. (Ist/Zar/AA)

 880 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan