5 IDE SENSORY PLAY UNTUK ANAK DI RUMAH

5 IDE SENSORY PLAY UNTUK ANAK DI RUMAH

LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Sebagian dari Mama mungkin sedang bingung dalam memilih ide sensory play yang bisa dilakukan anak. Namun, Mama tak perlu khawatir, ada banyak aktivitas sensory play yang mudah dilakukan di rumah.

Sensory play atau permainan sensorik adalah jenis aktivitas yang melibatkan satu, beberapa, atau seluruh panca indra. Aktivitas ini dianjurkan untuk anak guna melatih kemampuannya dalam menggunakan panca indranya.

Sensory play dapat membantu anak Mama dalam mengeksplorasi dan mencari tahu tentang lingkungan sekitarnya. Guna mendukung tumbuh kembang anak, Mama jangan pernah ragu untuk mengajak anak melakukan aktivitas ini.

Di bawah ini terdapat berbagai ide sensory play yang bisa rekomendasikan untuk anak Mama. Apa saja idenya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Ide Sensory Play

Dikutip dari Healthline, berikut beragam ide sensory play di rumah untuk anak.

Baca Juga:   GUBERNUR ARINAL IKUTI RAKORNAS KEPALA DAERAH DAN FORKOPIMDA BERSAMA PRESIDEN RI

1. Bermain dengan Makanan

Ide sensory play pertama adalah bermain dengan makanan. Ide ini dapat Mama lakukan jika si kecil sudah mulai bisa memasukkan makanan ke mulutnya dengan sendiri.

Makanan memiliki warna, tekstur, bentuk, serta rasa yang berbeda. Bermain dengan makanan bisa membantunya melatih beberapa kemampuan panca indranya.

Anak Mama akan merasakan tekstur makanan dengan cara menggenggam dan menghancurkan makanan lewat tangannya.

Aktivitas bermain dengan makanan pada anak terbukti bermanfaat baik dalam meningkatkan nafsu makan anak.

2. Membuat Adonan Tepung

Adonan tepung juga bisa menjadi ide untuk melatih kemampuan panca indra anak, Ma. Mama bisa mengajaknya bersama-sama dalam membuat adonan tepung.

Ketika adonan tepung sudah kalis, anak bisa memainkan adonan tersebut. Hal ini bisa membantunya dalam meningkatkan kemampuan motorik halusnya.

Mama juga bisa menambahkan pewarna makanan yang tidak berbahaya agar adonan semakin berwarna, sehingga anak lebih tertarik untuk memainkannya.

Baca Juga:   BRIGJEN TNI IROTH BERI BIMBINGAN TEKNIS SMSI

3. Memainkan Sandbox

Pilihan ide sensory play selanjutnya adalah bermain menggunakan sandbox. Sandbox adalah permainan yang biasanya berisi pasir, boks, cetakan dan sekop, serta matras atau pengalas.

Ide ini bisa sangat pas untuk anak yang ingin bermain pasir. Permainan ini juga dapat mengajarkannya dalam memanfaatkan berbagai alat, seperti cetakan dan sekop.

Selain itu, aktivitas ini dapat merangsang imajinasi anak dalam membuat objek yang ia inginkan dari pasir tersebut.

4. Menanam Tanaman

Bercocok tanam adalah aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas ini juga sangat baik dalam melatih kemampuan sensorik anak.

Mama bisa mulai mengajaknya untuk menanam tanaman di pot bunga. Ajarkan bagaimana menggali tanah, memilih benih yang bagus, menyiram, serta merawat tanaman. Anak akan antusias, terlebih saat melihat tanaman tersebut tumbuh.

Baca Juga:   Hamartoni Serahkan Bantuan untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Aktivitas bercocok tanam akan membantu mengembangkan kemampuan sensorik, mengajarkan tanggung jawab, ketekunan, dan kesabaran, bahkan bisa melatihnya untuk mengonsumsi sayuran sehat.

5. Bermain Air

Bermain air adalah salah satu ide sensory play yang sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Mama bisa menyediakan kolam pompa untuk anak.

Permainan menggunakan air akan melibatkan panca indra serta meningkatkan kemampuan motoriknya. Isilah kolam dengan beberapa benda, seperti bola, karet, gelas plastik, dan lain-lain agar anak semakin puas dalam mengeksplorasi air.

Itulah berbagai ide bermain sensory play untuk anak di rumah. Kira-kira, Mama mau melakukan aktivitas yang mana nih? Semoga bisa membantu ya, Ma. (Ist/TSF/AA)

 946 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan