5 MANFAAT MANGGA MUDA CEGAH SEMBELIT DAN TURUNKAN BERAT BADAN

5 MANFAAT MANGGA MUDA CEGAH SEMBELIT DAN TURUNKAN BERAT BADAN
Foto : Pexels

LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Menikmati mangga muda asam, kriuk, nan menyegarkan menjadi favorit hampir semua orang. Terlebih di Indonesia, mangga muda menjadi salah satu buah wajib dalam sajian rujak. Bukan cuma itu, dibuat manisan atau es mangga pun segar!

Mangga dianggap sebagai salah satu buah yang paling lezat dan kaya nutrisi. Masing-masing varietas mangga memiliki rasa, aroma, dan manfaat. Sudah tidak diragukan lagi, buah mangga yang matang pohon disukai oleh semua orang karena rasanya yang manis. Tapi tahukah kamu, bahwa mangga mentah atau muda juga memiliki beberapa manfaat kesehatan?

Mengutip Boldsky, mangga tidak hanya mengandung vitamin, tetapi juga membawa zat besi dan lebih dari 80 persen magnesium dan kalsium yang dibutuhkan setiap hari.

Baca Juga:   SEORANG WANITA PARUH BAYA CURI UANG DAN PERHIASAN DI ACARA PERNIKAHAN

Menurut sebuah jurnal berjudul Mangoes and their health benefits tahun 2012, mangga yang masih muda lebih baik dimakan mentah karena banyak nutrisi seperti vitamin C akan hilang selama proses pematangan. Lalu, apa sajakah manfaat mangga muda ini?

  1. Menjaga kesehatan hati

Makan buah mangga yang masih muda bermanfaat untuk kesehatan hati, karena dapat membantu mengobati penyakit hati, menurut jurnal Plant Consumption and Liver Health tahun 2015. Asam yang terkandung dalam buah mentah meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri.

  1. Mencegah keasaman
Baca Juga:   5 Manfaat Senam Irama untuk Optimalkan Fungsi Otak hingga Latih Kekompakan Anak

Menurut jurnal Mango Phytochemicals Frontiers in Plant Science Proofs tahun 2019, mangga mentah kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A dan asam amino yang berfungsi untuk menetralkan asam di lambung. Sehingga, dapat mengurangi refluks asam dan mengurangi keasaman.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ternyata, vitamin C dan A dalam mangga muda merupakan nutrisi penting yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berdasarkan Journal of Horticultural Science and Biotechnology (2013). Dengan mengonsumsi mangga mentah tanpa dimasak, kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari nutrisi di dalamnya.

  1. Menghilangkan gangguan pencernaan

Karena mangga mentah kaya akan pektin, yang sangat bermanfaat dalam mengobati gangguan pencernaan. Menurut jurnal Inhibitory effect of Mangifera indica on gastrointestinal motility tahun 2012, mangga muda juga merupakan obat yang efektif untuk diare, wasir, gangguan pencernaan dan sembelit.

  1. Bantu menurunkan berat badan
Baca Juga:   ARINAL RESMIKAN PELUNCURAN BANTUAN SOSIAL TUNAI PENANGANAN DAMPAK INFLASI DAERAH TAHUN 2022 SE-PROVINSI LAMPUNG

Mangga mentah adalah salah satu buah terbaik untuk dimakan, bila ingin menurunkan berat badan. Menurut jurnal Quantitative Analysis Of Primary Metabolites In Mangifera Indica (Unripe Mango) tahun 2010, buah mentah membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membantu kamu untuk membakar lebih banyak kalori, dan juga mengandung lebih sedikit gula. (Ist/Zar/AA)

 939 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan