19 Januari 2022

5 Manfaat Senam Irama untuk Optimalkan Fungsi Otak hingga Latih Kekompakan Anak

5 Manfaat Senam Irama untuk Optimalkan Fungsi Otak hingga Latih Kekompakan Anak

LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Senam irama dapat menjadi salah satu aktivitas fisik untuk anak selama di rumah nih. Senam irama bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran jasmani Si Kecil lho, Bunda.
Salah satu jenis senam irama adalah Senam Pagi Indonesia atau Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Gerakan-gerakan di senam irama mudah diikuti dan bisa meningkatkan semangat anak nih.

Apa itu senam irama?
Senam adalah gerakan yang mengandung salah satu unsur atau gabungan unsur kalestenik, tumbling, dan akrobatik. Ada beragam jenis senam, salah satunya adalah senam irama.

Saat melakukan senam irama, Bunda perlu memerhatikan kondisi fisik anak ya. Berlatihlah sesuai kemampuan.

Ciri-ciri senam irama
Senam irama memiliki ciri-ciri yang khas dibandingkan jenis senam lainnya, Bunda. Berikut 5 ciri senam irama yang masuk ke dalam aktivitas olahraga senam umum:

Mudah diikuti

  1. Tidak membutuhkan biaya yang mahal
  2. Diiringi musik atau nyanyian
  3. Melibatkan banyak peserta
  4. Bermanfaat untuk kesehatan
  5. Tim Aksara Bangsa dalam buku Sekali Baca Langsung Inget Semua Soal Kelas 3 SD/Mi, menjelaskan bahwa senam irama dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat. Perbedaan senam irama dengan senam biasa, yakni adanya ritme.
Baca Juga:   Kaum Muda Peduli Covid-19 Berikan Bantuan Alkes untuk PMI Provinsi Lampung

Setidaknya, ada tiga hal penting dalam senam irama yang perlu diketahui, yakni irama, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan. Ini merupakan prinsip senam irama dalam seni tari.

Irama adalah unsur dalam musik berupa rangkaian bunyi. Kelentukan tubuh atau fleksibilitas dalam senam irama umumnya akan diperoleh dari suatu latihan. Sedangkan kontinuitas gerakan berupa gerakan yang tidak terputus yang diperoleh dari gerak yang sudah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan.

Manfaat senam irama
Hal penting yang perlu diperhatikan dalam senam irama adalah kesesuaian gerak dengan kecepatan musik, fleksibilitas tubuh, dan kontinuitas gerakan. Agar Si Kecil mudah memahami gerakan senam irama, Bunda bisa mencontohkannya langsung ya.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari senam irama ini lho, Bunda. Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat senam irama untuk anak:

  1. Membakar lemak dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh
    Saat melakukan gerakan di senam irama, tubuh akan mengeluarkan keringat nih. Nah, bersamaan dengan keluarnya keringat tersebut, racun-racun di dalam tubuh juga akan keluar.
Baca Juga:   Pemkot Targetkan Vaksinasi Anak di Bawah Umur

Selain itu, keluarnya keringat bisa meningkatkan suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini menandakan terjadinya pembakaran lemak-lemak tidak bermanfaat yang tertimbun di bawah kulit.

  1. Menurunkan berat badan
    Berat badan berlebih dan obesitas masih menjadi momok menakutkan di kalangan anak-anak. Selain menjaga asupan makan, Bunda bisa membantu menurunkan berat badan ini dengan senam irama lho.

Senam irama sangat baik untuk membakar lemak, sehingga berat badan bisa turun. Berat badan anak yang ideal baik untuk kesehatan Si Kecil sampai dewasa.

  1. Melatih koordinasi gerak tubuh dan fleksibilitas
    Dalam senam irama, anak akan belajar bergerak mengikuti musik atau nyanyian. Selain itu, ada hitungan yang digunakan dalam melakukan gerakan senam irama ini, Bunda.
Baca Juga:   Dinkes: Rumah Sakit Pemerintah Tidak Boleh Tolak Pasien

Saat melakukan aktivitas ini, Si Kecil akan melatih koordinasi gerakannya. Mereka juga akan belajar fleksibilitas tubuh.

  1. Melatih kekompakan
    Senam irama umumnya dilakukan berkelompok. Ketika anak melakukan setiap gerakan, mereka juga akan belajar kekompakan dengan peserta atau teman-teman lain. Selain itu, anak akan belajar untuk sabar dan disiplin nih.

Musik, nyanyian, dan hitungan dalam senam irama merupakan aspek yang menjadikan aktivitas ini menyenangkan untuk dilakukan. Jika dilakukan secara bersama-sama, kekompakan dan kelentukan gerakan akan menjadi nilai tambah untuk anak selama melakukan senam ini.

  1. Mengoptimalkan fungsi otak
    Senam irama dapat mengoptimalkan fungsi otak Si Kecil lho, Bunda. Setiap gerakan di senam ini menuntut pikiran anak untuk bisa saling berkoordinasi dengan baik.

Senam irama juga menuntut anak untuk mengikuti gerakan sesuai rencana atau yang sudah ditentukan sebelumnya. Artinya, anak tidak dapat mengabaikan satu gerakan dan harus menghafalnya.(Ist/Zar/AA)

Tags: , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan