5 Tips Sehat Mengolah sayap Ayam

5 Tips Sehat Mengolah sayap Ayam

LAMPUNG SEGALOW (11/1) – Olahan serba ayam sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Potongan daging ayam yang gurih memang cocok diolah menjadi berbagai hidangan khas Indonesia, mulai dari ayam goreng, sup, hingga ditumis dengan potongan sayur. 

Di antara bagian ayam yang bisa dimasak, sayap ayam termasuk bagian ayam yang punya banyak penggemar. Meski dagingnya jauh lebih sedikit dibandingkan bagian dada atau paha, sayap ayam memiliki cita rasa paling gurih karena mengandung banyak tulang.

© Disediakan oleh Kumparan Sayap ayam goreng

Tak hanya dipenuhi tulang-tulang kecil, kandungan lemaknya juga tinggi sehingga makanan menjadi lebih gurih dan menggugah. Akan tetapi, kandungan lemak jenuh di dalam sela-sela sayap ayam bisa berpengaruh buruk pada bobot tubuh, bahkan mengganggu kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Tapi bagi kamu penggemar olahan dari sayap ayam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengolah sayap ayam agar lebih sehat. Berikut tipsnya seperti dilansir dari Livestrong.

1. Pilih sayap ayam kampung

Baca Juga:   Vaksinator Terhadap Anak

©

Disediakan oleh Kumparan sayap ayam

Ayam kampung mungkin jauh lebih kecil dan keras dibandingkan ayam broiler. Tapi jangan salah, kandungan gizi di dalam ayam kampung diyakini lebih sehat sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Ayam kampung memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun sebaliknya, lemaknya justru jauh lebih rendah daripada ayam broiler. Hal ini karena umumnya ayam kampung diberi makanan yang lebih alami seperti dedak, kulit padi, atau bahkan cacing.

2. Singkirkan bagian kulit berlemaknya

©

Disediakan oleh Kumparan ilustrasi memotong sayap ayam

Sayap ayam dikenal memiliki kandungan lemak yang cukup tebal, terutama sayap ayam yang berasal dari ayam broiler. Lemak ini biasanya banyak terkumpul di antara sela-sela kulit, tak terkecuali pada kulit yang menyelimuti bagian sayap ayam.

Cara menyiasatinya, pilih sayap ayam yang memiliki kulit tipis dan melekat pada tulang sayap. Biasanya sayap ayam yang memiliki ciri-ciri tersebut mengandung lemak yang lebih tipis. Bila perlu, sebaiknya buang kulit sayap yang terasa tebal dan berlemak saat ditekan.

Baca Juga:   KABINDA LAMPUNG JALIN SINERGITAS BERSAMA SMSI

3. Memanggang sayap ayam

© Disediakan oleh Kumparan sayap ayam panggang

Memanggang sayap ayam bisa menjadi alternatif untuk mengolah ayam yang lebih sehat dan rendah lemak. Tak hanya membuat sajian sayap terasa lebih sehat, proses pemanggangan juga akan menghasilkan cita rasa ayam yang gurih di luar namun lembut di dalam. Saat memanggang sayap ayam, kamu bisa menambahkan sedikit minyak zaitun dan rempah seperti daun peterseli, merica, atau cacahan bawang agar rasanya lebih gurih.

4. Diolah menjadi kaldu

©

Disediakan oleh Kumparan kaldu ayam

Sayap sangat cocok diolah menjadi bahan utama kaldu karena tersusun dari tulang dan lemak yang cukup banyak. Kandungan lemak dan tulang pada sayap ayam itulah yang menghasilkan rasa kaldu yang lebih gurih dan lezat.

Baca Juga:   Zaiful Bokhari Tinjau UNBK SMP-MTs 2018 Lamtim

Caranya, cukup rebus potongan sayap hingga mendidih dan seluruh lemaknya terangkat lalu saring agar cairan kaldu lebih jernih. Agar rasanya lebih nikmat dan penuh gizi, kamu juga bisa menambahkan potongan sayur seperti jamur, bawang bombay, daun bawang, atau wortel.

5. Dikukus dengan aneka rempah-rempah

© Disediakan oleh Kumparan sayap ayam kukus

Selain dipanggang, mengukus sayap ayam bisa menjadi alternatif cara makan yang lebih sehat. Sebab, proses pemasakan ini tidak menggunakan tambahan minyak sehingga lebih aman, bahkan untuk orang-orang yang sedang berdiet.

Mengukus sayap ayam juga akan menghasilkan tekstur daging yang lebih empuk. Apalagi ditambah rempah-rempah mulai dari jahe, bawang, hingga aneka dedaunan, menu kukus ini sangat cocok disajikan untuk menghangatkan badan. (LS/RF)

 

 902 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan