6 Cara Simpel Atur Pengeluaranmu Tanpa Harus Banyak Berkorban

6 Cara Simpel Atur Pengeluaranmu Tanpa Harus Banyak Berkorban
Nah adakah kiat-kiat menabung tanpa harus berkoban banyak? Mungkin Anda bisa mengikuti tips di bawah ini seperti disarankan dalam CNBC Make It. Berikut beberapa kiat menabung yang perlu Anda ketahui:

1. Otomatisasi tabunganmuSalah satu penulis buku perencanaan keuangan kenamaan asal Amerika Serikat David Bach mengatakan salah satu cara menabung paling mudah adalah dengan membayar untuk diri Anda terlebih dahulu setiap menerima gaji atau pendapatan bulanan.

Artinya, buatlah rekening tabungan dengan menarik uang dari rekening gaji Anda secara otomatis. Buatlah rekening tabungan Anda seperti tagihan yang perlu dibayar setiap bulan.

Baca Juga:   Kementan Akan Tingkatkan Pengawasan Pupuk Bersubsidi

“Dengan begitu Anda tidak akan pernah lupa untuk melakukan pembayaran tabungan lagi, dan Anda tidak perlu merasa perlu untuk berhemat untuk menabung karena Anda bahkan tidak akan melihat uang mengalir langsung dari gaji Anda ke rekening tabungan Anda,” tulis Bach dalam salah satu bukunya The Automatic Millioanaire.

2. Tingkatkan tabungan secara bertahap setiap tahunSetelah Anda mengatur keuangan Anda dengan secara otoatis menyisihkan uang bulanan, melangkahlah lebih jauh dengan meningkatkan tabungan secara bertahap setiap tahun. Kenaikan satu persen saja dari jumlah tabungan Anda bisa membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu.

3. Membuat kopi sendiriTanpa disadari, kebutuhan untuk ngopi di pagi hari ternyata menguras kantong Anda. Cara mudah agar bisa tetap ngopi dengan hemat adalah dengan membuat kopi sendiri. Gunakan uang yang dikeluarkan untuk membeli secangkir kopi di kedai-kedai kopi kenamaan itu untuk pengeluaran-pengeluaran yang lebih produktif.

Baca Juga:   IRJEN POL AKHMAD WIYAGUS RESMI MENJABAT SEBAGAI KAPOLDA LAMPUNG

4. Bikin pendapatan pasif (passive income)Untuk mendapatkan pendapatan pasif memang harus sedikit berusaha di awal. Namun, jika berhasil membangun upaya tersebut, uang akan mengalir dengan sendirinya. Di masa kini, banyak cara untuk bisa menghasilkan pendapatan pasif, mulai dari menyewakan salah satu kamar di rumah Anda di Airbnb, memasang iklan di blog pribadi, atau mengelola restoran franchise lokal.

5. Bacalah bukuBanyak miliarder atau jutawan yang menghabiskan waktu luang mereka dengan membaca buku. bahkan, banyak pula dari mereka yang memang menyempatkan diri untuk membaca buku di sela kesibukannya.

Para miliarder tersebut mengetahui dan memahami bahwa proses belajar tidak berhenti di bangku sekolah saja. Kesuksesan adalah proses dan cara termurah sekaligus termudah untuk melakukan investasi pendidikan keuangan adalah melalui buku.

Baca Juga:   Kepsek Takut Dengan LSM

6. Ambil langkah awal untuk mendapatkan gaji yang lebih besarTentu saja, cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan Anda adalah dengan gaji yang lebih tinggi, baik dengan promosi atau mencari pekerjaan baru. Anda bisa memulai mendidik diri Anda mencapai tujuan tersebut dengan mendaftarkan diri di sebuah kelas atau membaca berbagai kualifikasi untuk mengubah jenjang karir Anda. Tony Robbins dan Warren Buffett sepakat, berinvestasi untuk diri sendiri dan masa depan adalah cara investasi tercerdas yang bisa Anda lakukan. (ls/rf)

 582 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan