6 Hal Untuk Mengatasi Depresi

6 Hal Untuk Mengatasi Depresi

LAMPUNG SEGALOW (13/1) – Meskipun banyak dari kita tidak menyadarinya, kita mengalami tahap-tahap kesedihan atau depresi terntentu selama hidup. Banyak dari kita yang mengurung diri sendiri dan menolak untuk keluar, walau sekadar untuk menikmati udara segar.

Tentu saja, orang-orang di sekitar kita yang telah mencoba memberikan saran tidak terlalu membantu proses penyembuhan depresi yang kita alami. Hal itu justru membuat kita merasa seperti mereka mencoba untuk ikut campur dalam kehidupan kita, dan kita lebih banyak menghindar dari orang-orang semacam itu.

Lalu bagaimana cara kita keluar dari permasalahan ini? Hanya ada satu cara, hubungi psikiater. Jika ragu atau malu? Mulailah belajar untuk berpikir positif dan menjadi terapis bagi kita sendiri. Berikut 6 cara untuk menjadi terapis bagi dirimu sendiri.

  1. Olahraga ringan

Depresi? 6 Hal Ini Bisa Menjadi Terapis Bagi Dirimu Sendiri!

Berlatih yoga, freehand, aerobik, dll. adalah cara yang baik untuk menenangkan pikiran dan memulai hari dengan menyegarkan. Bahkan jika kamu merasa terlalu sibuk dengan masalah pekerjaan, keluarga, dll temukanlah waktu luang 10 menit setiap pagi dan temukan kedamaian batin dengan cara berolahraga ringan.

  1. Curahkan masalah pada jurnal pribadi/buku harian
Baca Juga:   BPSDM SOSIALISASIKAN PROGRAM DIGITAL LEADERSHIP

Depresi? 6 Hal Ini Bisa Menjadi Terapis Bagi Dirimu Sendiri!

Biarkan semua rasa penat keluar. Duduklah dan keluarkan semua kesedihan yang kamu rasakan dengan mencurahkannya ke dalam buku harian. Apakah kamu memiliki pertanyaan atau keinginan rahasia yang tidak bisa terjawab? Maka tulislah di buku harian dan tunggu jawaban yang akan datang kepadamu atau lihat apa yang benar-benar diingankan oleh hatimu.

Memang terlihat old-fashioned, tetapi semua rahasiamu akan tetap terjaga dengan aman. Lagipula tidak akan ada yang membaca dan menjudge-nya, kan?

  1. Seringlah berinteraksi dengan alam

Depresi? 6 Hal Ini Bisa Menjadi Terapis Bagi Dirimu Sendiri!

Alam memiliki cara yang sangat kuat untuk menenangkan diri yang kacau. Alam dapat membantumu meluruskan hidup dalam hitungan milidetik. Alam dapat membantumu melihat yang benar dari sisi yang salah, memberi kamu waktu istirahat dari depresi, dan memberikan inspirasi untukmu.

Jadi, bangkitlah dari tempat tidur dan mulailah berjalan-jalan di taman. Jika ada, cobalah untuk menaiki bukit atau gunung yang ada di sekitar rumahmu.

  1. Biarkan semuanya berlalu
Baca Juga:   AKSI PENGEROYOKAN SEBABKAN SATU ANGGOTA TNI TEWAS

 

Depresi? 6 Hal Ini Bisa Menjadi Terapis Bagi Dirimu Sendiri!

Let it go. Ikhlaskan segalanya. Untuk membuatnya lebih mudah, santai saja. Ketika kamu berada dalam suasana hati yang dingin, semuanya akan tampak lebih rumit. Masalah hidup akan lebih ringan, jika kamu merasa lebih mudah untuk tidak mengambil masalah tersebut secara pribadi dan membiarkannya pergi.

Dengan demikian, akan lebih mudah bagimu untuk keluar dari permasalahan itu. Memaafkan dan melupakan adalah moto yang bagus untuk dijalani dalam hidupmu.

  1. Manjakan dirimu sendiri

Depresi? 6 Hal Ini Bisa Menjadi Terapis Bagi Dirimu Sendiri!

Tidak tahu bagaimana caranya? Manjakan dirimu dalam segala hal, dan secara harfiah segala sesuatu yang membuat kamu bahagia. Temukan gairahmu dan kejarlah. Pastikan apa yang kamu lakukan akan membuatmu tersenyum dan tertawa.

Masak sendiri makanan favoritmu, peluk hewan peliharaanmu, tonton film favoritmu dengan popcorn, dll. Apa pun hal itu, pastikan untuk memberimu kegembiraan yang dibutuhkan untuk meringankan suasana hatimu.

  1. Move on

Depresi? 6 Hal Ini Bisa Menjadi Terapis Bagi Dirimu Sendiri!

Last but not least, selesaikan ritual pembersihan jiwamu dengan belajar move on. Biarkan yang dulu berlalu. Bukalah hati dan pikiranmu untuk prospek dan kemungkinan kehidupan baru. Cari teman baru, ambil jalan baru, dan jelajahi dunia.

Baca Juga:   AYO JAGA KESEHATAN JANTUNG DARI SEKARANG

Mulailah keluar dari zona nyaman. Biarkan apa pun yang terjadi padamu dulu menjadi masa lalu yang bisa kamu pelajari, bukan sesuatu yang kamu pegang dalam hati dan menghentikan dirimu untuk bergerak ke masa depan.

Biarkan hal itu membuat kamu lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya. Jangan biarkan masa lalu atau kenangan buruk membuatmu takut pada apa yang akan terjadi selanjutnya. Biarkan hal itu membuat kamu lebih berani menghadapi masalah secara langsung.Move on, move up!

Nah, 6 langkah ini adalah tentang menginspirasi dirimu sendiri. Seiring waktu, kepercayaan dirimu akan tumbuh ke tingkat tertinggi. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah melakukan hal-hal positif di atas dan lihat sendiri seberapa besar dampaknya bagi kehidupanmu.Cheer up!  (ls/rf)

 

 542 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan