8 CARA AGAR ANAK SIAP MASUK SEKOLAH

8 CARA AGAR ANAK SIAP MASUK SEKOLAH

LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Wajar bila sebagian anak merasa gugup atau takut menghadapi hari pertama sekolah. Sebagai orang tua, Anda mungkin juga merasa cemas anak jadi kurang nyaman dan jadi tidak ingin berangkat ke sekolah.
Jangan khawatir, Menghadapi situasi baru memang bisa jadi kekhawatiran sendiri bagi anak. Oleh sebab itu, agar si kecil lebih siap di hari pertama sekolah, yuk sampaikan beberapa hal ini ke anak

1.Ceritakan Keseruan Sekolah ke Anak
Bagi Anda yang memiliki anak yang baru masuk TK atau SD pertama kali atau pindah sekolah, Anda bisa mengajak si kecil untuk mengunjungi sekolah barunya. Kenalkan lingkungan sekolah, guru, dan bahkan penjaga keamanan agar anak lebih mudah menyesuaikan diri. Lalu ceritakan kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan saat sekolah nanti.

2. Belajar Perkenalkan Diri
Anak bisa merasakan gugup saat bertemu dengan teman-teman sekelas yang baru. Maka dari itu, Anda bisa ikut mengajaknya belajar memperkenalkan diri, baik ke teman dan guru barunya. Ceritakan sesuai tentang diri anak yang perlu teman dan gurunya ketahui, misalnya: “Halo, perkenalkan aku Syifa. Aku senang sekali bermain basket. Jadi sudah enggak sabar mau pelajaran olahraga”. Cara ini bisa membantu anak agar tidak malu berkenalan dengan siapa saja.

Baca Juga:   Lukaku: United siap untuk situasi apa pun

3. Dengarkan Aturan dari Guru

Setiap memulai tahun ajaran baru, beberapa guru akan membicarakan aturan-aturan yang perlu dipatuhi siswanya. Ya Moms, biasanya, beberapa guru akan memiliki peraturannya sendiri saat pelajaran berlangsung. Maka dari itu, mintalah anak untuk memperhatikan penjelasan guru dengan baik dan tanyakan jika ada yang kurang jelas. Mungkin anak butuh informasi apakah ada waktu khusus untuk diperbolehkah ke toilet dan sebagainya.

4. Mencoba Kenalan Duluan
Anak mungkin sudah mengenal beberapa temannya di kelas pada hari pertamanya. Tetapi, bukan tidak mungkin untuk bisa mendapatkan teman baru, jadi ajaklah anak untuk menyapa teman-temannya yang baru dikenal. Dengan begitu, ia pun akan memiliki teman-teman lebih banyak.

Baca Juga:   HERMAN HN NAHKODAI ABPEDSI

5. Jawab Rasa Penasaran Anak
Beberapa anak mungkin akan bertanya kepada ayah atau ibunya seperti apa suasana hari pertama sekolah nanti. Apalagi jika ini adalah kali pertama si kecil masuk TK atau SD. Misalnya “Apakah upacara akan lama sekali? Bagaimana berkenalan dengan teman-teman baru nanti? Apakah guruku galak? Apakah aku boleh jajan? “Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa Anda jawab secara terus terang saja. Namun, tetap perlu diikuti dengan kata-kata positif, seperti “Upacaranya mungkin sedikit lama, makanya kamu harus sarapan dulu ya biar tidak lemas. Mau ibu buatkan sarapan enak apa besok?” atau “Guru-guru di sekolah tidak galak. Makanya kamu harus bersikap baik dan ikuti pelajaran dengan baik juga, ya”.

6. Hanya Diantar dan Tidak Ditemani
Orang tua biasanya juga antusias mengantar anak di hari pertama sekolah, terlebih bila ini adalah kali pertama ia masuk TK atau SD. Namun, untuk mengajarkan kemandirian, beri tahu anak bahwa Anda hanya akan menemaninya sampai depan kelas, lalu Anda akan pulang dan datang lagi untuk menjemput. Bila anak menangis, Anda bisa menemaninya sedikit lebih lama sampai bel sekolah berbunyi. Jika perlu, komunikasikan ke gurunya agar rasa takut anak teralihkan dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan di kelas.

Baca Juga:   PLN Siap Hadapi Proses Hukum

7. Beri Waktu untuk Menyesuaikan Diri
Banyak yang harus dipelajari si kecil dalam hari-hari pertamanya masuk sekolah. Mulai dari menyesuaikan diri dengan suasana kelas, mata pelajaran yang akan didapatkan, hingga guru barunya. Jadi, beri waktu si kecil sampai ia bisa menyesuaikan diri dan merasa nyaman.

8. Ajak Anak Bersikap Terbuka
Mungkin saja anak merasakan beberapa hal yang kurang nyaman di hari-hari pertamanya sekolah. Ya Moms, cobalah ajak anak untuk bersikap terbuka sehingga mau menceritakan pengalamannya dengan orang tua. Harapannya, orang tua bisa membantu berdiskusi mencarikan solusi dan membuat perasaan anak lebih nyaman. (Ist/Zar/AA)

 1,119 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan