Demi Tingkatkan Produksi Gas, Menkeu Jamin Beri Insentif Fiskal

Demi Tingkatkan Produksi Gas, Menkeu Jamin Beri Insentif Fiskal

LAMPUNG SEGALOW (20/2) – Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai, penurunan produksi minyak yang terus terjadi saat ini, turut memengaruhi penurunan penerimaan negara di sektor migas. Hal itu menyebabkan kontribusi migas terhadap Produksi Domestik Bruto diperkirakan semakin mengecil.

Karena itu, dia meminta supaya sektor gas yang menjadi energi alternatif terhadap sumber energi di Indonesia harus ditingkatkan. Lantaran kontribusi sektor migas terhadap PDB yang saat ini di kisaran 5,3 persen mayoritas disumbang oleh sektor energi gas, di mana porsinya mencapai 90 persen, sedangkan sektor minyak hanya mencapai 44 persen.

Baca Juga:   Terduga Penyebar Hoax Tertangkap

“Kami melihat, tren produksi minyak saat ini mengalami penurunan, ini menjadi perhatian kami. Produksi minyak telah menurun, meskipun produksi gas sedikit meningkat. Jika digabung, keduanya, sebenarnya memproduksi 2 MBOEPD produksi untuk Indonesia,” katanya, dalam acara IndoGAS 2019 di JCC, Jakarta, Selasa, 19 Februari 2019.

Karena itu, dia menjamin, penggunaan insentif fiskal untuk menggenjot produksi tersebut bakal terus diberikan. Misalnya, pemberian pembebasan pajak bagi pelaku usaha sektor migas untuk mengekplorasi potensi-potensi energi, di berbagai blok migas di seluruh Indonesia.

Baca Juga:   DPP Apindo Lampung Dilantik

“Kita provide fiscal insentive yang diharapkan menarik lebih banyak bagi produksi energi di Indonesia. Misalnya dengan cost recovery, pelaku bisa menikmati tax insentif yang lebih dengan exploration and exploitation, termasuk salah satunya mereduksi 100 persen pajak lahan dan bangunan,” ujarnya.

Terlebih, kata dia, masa yang akan datang produksi gas di Indonesia bisa bertambah dari beberapa proyek eksplorasi, seperti di Blok Masela, East Natuna, dan Proyek IDD atau Indonesia Deepwater Development. Diketahui, Kementerian ESDM masih mengkaji Plan of Development (POD) atau rencana pengembangan dari proyek lapangan tersebut.

Baca Juga:   Herman HN Tambah Empat Unit Komputer Untuk Membantu Pembuatan KIA

“Kita akan mem-provide dan membangun infrastruktur untuk meng-improve distribusi gas dengan pipeline untuk industri, transportasi dan household. Ini merupakan investasi infrastruktur yang penting bagi kami,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Kami akan memperbaiki regulasi kami agar meningkatkan pemberian insentif untuk eksplorasi-ekplorasi baru sehingga production akan meningkat karena demanddomestik terus berlanjut meningkat.” (ls/rf)

 

 744 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan