27 Steps of May Keliling ke Tiga Festival Film di Luar Negeri

27 Steps of May Keliling ke Tiga Festival Film di Luar Negeri

LAMPUNG SEGALOW (6/3) –  Pada Akhir Februari ini, film karya Ravi Bharwani terbaru yang berjudul 27 Steps of May diputar di Bengaluru International Film Festival (Biffes) edisi 11. Film yang dibintangi oleh Raihaanun, Lukman Sardi, Ario Bayu, da Verdi Solaiman ini diputar sebanyak dua kali dan dilanjutkan dengan diskusi bersama Ravi Bharwani dan Wilza Lubis (Produser).

“Dua Pemutaran di Biffes dipenuhi penonton. Setelah pemutaran, reaksi penonton sangat positif banget. Pas sesi tanya jawab ada seorang penonton yang merupakan penyintas pemerkosaan. Dia khusus bilang terima kasih karena apa yang dia rasakan, benar-benar diwakilkan oleh film ini,” ujar Wilza Lubis dalam siaran pers yang diterima VIVA, Selasa, 5 Maret 2019.

Salah satu jurnalis dari Radio Kesem, Israel Roni Schwartz yang hadir di Biffes dan mengikuti pemutaran 27 Steps of May merasa terkesan karena ia menemui banyak kejadian yang dikisahkan dalam film ini.

“Film ini sangat bagus untuk menginspirasi korban dan keluarga untuk bisa keluar dari trauma. Di Israel, korban kekerasan seksual cukup banyak dan sedang berusaha mencari cara untuk mengatasi pasca trauma terhadap korban,” ungkap Roni kepada Wilza.

Baca Juga:   Yusdianto Nilai Panwaslu Lemah

Setelah dari Bengaluru, India, May akan melanjutkan perjalanannya ke Mesir untuk diputar dalam Mar Sharm El Sheikh Asian Film Festival (SAFF) yang ketiga pada awal Maret ini. Festival tersebut diadakan oleh Noon Foundation for Culture and Arts dengan dukungan dari Kementerian Kebudayaan Mesir, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Otoritas Umum untuk Pengembangan Pariwisata dan Kegubernuran Sinai Selatan.

Tahun ini SAFF bertujuan untuk memperkenalkan sinema Asia ke dunia Arab. Dalam SAFF, 27 Steps of May akan berkompetisi dengan 57 film lainnya dari 26 negara Asia untuk memenangkan sembilan penghargaan. Rangkaian SAFF yang diisi dengan pemutaran, seminar, dan workshop diadakan pada 2-8 Maret 2019.

Baca Juga:   Top Skor Liga Spanyol: Bikin Hat-trick, Messi Kini Unggul 11 Gol

Selanjutnya, film berdurasi 112 menit ini juga akan diputar di Cambodia International Film Festival (CIFF) yang diselenggarakan selama enam hari penuh dari tanggal 9-14 Maret 2019. CIFF menghadirkan film dari 37 negara dengan lebih dari 135 judul film dari semua benua, termasuk film pendek, film layar lebar, dokumenter, dan animasi.

“Setelah mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari para penonton di Biffes, saya berharap film ini juga mendapat simpati dari para penonton SAFF dan CIFF,” ujar Ravi Bharwani.

Setelah keliling tiga festival tersebut, semoga May dapat segera menyapa penonton Indonesia secara luas.

“Saya tidak sabar untuk mempersembahkan film yang mengangkat isu trauma pasca kekerasan seksual ini ke seluruh penonton di Indonesia. Mengingat juga proses pembuatan film ini yang cukup panjang yaitu lima tahun,” kata Rayya Makarim, penulis dan produser.

Baca Juga:   NANANG ERMANTO HADIRI HALAL BIHALAL DPD PKS LAMPUNG SELATAN

Selain tiga festival film di atas, 27 Steps of May yang diproduksi oleh Green Glow Picture dan didukung oleh Go Studio ini tayang perdana di Busan International Film Festival pada 2018. May juga telah berkeliling menuju Cape Town Film Festival di Afrika Selatan, Goteborg Film Festival di Swedia, dan Plaza Indonesia Film Festival pada Februari lalu.

Film yang terinspirasi dari peristiwa Mei 98 ini juga telah menyabet tiga penghargaan yaitu film terbaik (Golden Hanoman Award) kategori film panjang Asia terbaik di Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada November 2018 dan di Film Festival Tempo 2018 mendapatkan dua penghargaan untuk Rayya Makarim sebagai Penulis Skenario Pilihan Tempo dan Raihaanun sebagai Aktris Pilihan Tempo pada ajang Film Festival Tempo 2018.  (ls/rf)

 567 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan