25 September 2022

Akhirnya KPK Tangkap Mustafa Langsung Dibawa Ke Jakarta

Akhirnya KPK Tangkap Mustafa Langsung Dibawa Ke Jakarta

Ist.

 

BANDARLAMPUNG LAMPUNGSEGALOW — KPK akhirnya menangkap Bupati Lampung Tengah Mustafa. Penangkapan itu masih terkait rangkaian operasi tangkap tangan KPK terkait adanya dugaan tindak pidana suap yang terjadi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah yang dikonfirmasi tak menampik perihal penangkapan itu.

“Tim KPK memang masih berada di Lampung. Kami berkoordinasi dan dibantu Polda untuk lakukan tindakan lain yang dibutuhkan,” kata Febri Diansyah, saat dikonfirmasi, Kamis (15/2).

Informasi yang dihimpun penangkapan dilakukan sore tadi. Mustafa dibawa bersama dua orang lainnya dengan pesawat langsung dibawa ke Jakarta. Polda Lampung membantu penuh proses penangkapan ini.

Rangkaian OTT dilakukan oleh KPK pada hari Rabu malam (14/2). Setidaknya ada 14 orang yang ditangkap dalam OTT yang dilakukan di daerah Lampung dan juga Jakarta ini. Mereka yang ditangkap berasal dari pihak DPRD, pegawai pemerintah daerah, hingga swasta.

Baca Juga:   Pro Jam Gelar Turnamen Game Online Mobile Legend

Pada penangkapan itu, tim KPK mengamankan uang sebesar Rp 1 miliar yang diduga merupakan suap.

“Kami menemukan uang di dalam sebuah kardus. Pecahannya Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu dengan total perhitungan awal sekitar Rp 1 miliar,” ujar Febri.

Diduga ada pemberian uang suap dari Pemda Lampung Tengah kepada DPRD.

“Indikasinya terkait dengan adanya kebutuhan persetujuan terhadap DPRD. Jadi pihak Pemkab butuh persetujuan DPRD, kemudian dilakukan sejumlah upaya untuk pemberian hadiah atau janji tersebut,” kata Febri.

Baca Juga:   Lintas Sumatera KM 21-22 Makan Korban Jiwa

Saat ini KPK sedang melakukan pemeriksaan terhadap para pihak yang ditangkap untuk menentukan status hukum mereka.

“Pukul 20.00 WIB malam ini ada jumpa pers di KPK,” tegas Febri.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Sulistyaningsih yang dikonfirmasi kumparan membenarkan bantuan dalam proses OTT KPK ini.

Mustafa sempat ramai dikabarkan ditangkap KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Rabu malam (15/2) tadi. Namun Mustafa yang juga calon gubernur Lampung itu, beraktivitas seperti biasa dengan agenda menghadiri apel siaga bersama TNI-Polri pada Kamis pagi (15/2) pagi.

Ia mengaku sudah mengetahui soal kabar penangkapan itu dan siap memberikan keterangan kepada penyidik KPK untuk diperiksa jika dibutuhkan. Sebagai warga negara, dia siap menghadap KPK untuk memberikan keterangan terkait OTT tersebut guna penegakan hukum.

Baca Juga:   Resmi Dibuka, Lampung Selatan Fair 2019 Berlangsung Selama Sepekan

Mustafa yang sedang cuti karena mencalonkan diri jadi gubernur Lampung itu, mengakui pada saat OTT dia berada di Jakarta. Ia mengaku sedang menengok kerabatnya yang sedang sakit, dan setelah itu menuju Lampung lagi untuk menghadiri apel siaga.

Secara terpisah, Partai Nasdem juga segera melakukan keterangan kepada pers terkait penangkapan Mustafa yang merupakan Ketua DPW Nasdem Lampung itu. (KP/RA)

 156 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan