Alasan Banyak Orang Indonesia Pilih Operasi LASIK di Luar Negeri

Alasan Banyak Orang Indonesia Pilih Operasi LASIK di Luar Negeri

LAMPUNG SEGALOW (11/3) – Operasi LASIK atau laser-assisted in situ keratomileusis, mungkin bukanlah prosedur yang asing di telinga bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan. Di Indonesia sendiri, LASIK pertama kali diperkenalkan pada 1997 oleh Jakarta Eye Center. Hingga saat ini, ada lebih dari 30 prosedur LASIK yang telah dilakukan di Indonesia.

Bagi Anda yang belum tahu, LASIK adalah prosedur bedah rawat jalan yang bertujuan untuk mengobati rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme. Prosedur LASIK menggunakan sebuah laser yang berfungsi membentuk kornea untuk memperbaiki cara mata memfokuskan sinar cahaya ke retina di belakang mata.

LASIK adalah teknik bedah yang paling banyak dilakukan untuk membentuk kornea. Dengan LASIK, dokter spesialis mata dapat menciptakan flap (pembukaan lapisan) tipis di kornea, baik menggunakan pisau atau laser.

Kemudian, dokter bedah melipat kembali flap tersebut dan mengangkat sejumlah khusus jaringan kornea yang berada di bawah flap menggunakan laser excimer. Flap tersebut, kemudian dikembalikan ke tempat asalnya.

Baca Juga:   Herman HN Jamin Usaha Warungan Dikasih Rp50 Juta

Meski di Tanah Air, beberapa rumah sakit yang memiliki pelayanan operasi LASIK menawarkan dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah, nyatanya tak sedikit para pasien yang memilih untuk melakukan operasi LASIK di luar negeri.

Ada beberapa alasan yang membuat banyak orang memilih melakukan operasi LASIK di luar negeri. Berikut di antaranya, menurut rilis yang diterima Minggu 10 Maret 2019:

Baca Juga:   Kocak, Pebulutangkis Denmark Terbirit-birit Ngejar Kaus di Senayan

1. Mengurangi waktu tunggu

Indonesia memang cukup terbatas dalam jumlah dokter spesialis mata yang memenuhi syarat untuk melakukan operasi LASIK. Selain itu, pusat perawatan mata yang diakui seluruh dunia di luar Jakarta dan Bali juga masih terbatas. Hal tersebut yang kerap menyebabkan pasien merasa frustrasi dengan waktu tunggu yang lama, sehingga memilih untuk melakukan operasi LASIK di luar negeri.

2. Layanan perawatan terbaik

Sarana dan prasarana kesehatan di luar negeri didukung oleh kemajuan di bidang ilmu mata yang telah diakui di seluruh dunia, membuat para pasien memilih untuk melakukan operasi LASIK di luar negeri. Negara-negara tetangga, seperti Singapura, Thailand, Malaysia, hingga India, menawarkan fasilitas kesehatan kelas dunia untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pasien sebelum, selama, dan setelah tindakan pengobatan.

Baca Juga:   Arinal Jamin Pakan Ternak Cukup

3. Biaya terjangkau

Sudah bukan rahasia lagi, apabila biaya operasi LASIK di luar negeri itu lebih terjangkau hingga 50 persen dibandingkan di negara-negara Barat. Apalagi, kualitas pelayanannya yang setara dengan di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa lainnya. (asp) (LS/RF)

 

 667 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan