8 Desember 2022

APA YANG TERJADI PADA KULIT SAAT WANITA MENOPAUSE?

APA YANG TERJADI PADA KULIT SAAT WANITA MENOPAUSE?

LAMPUNGSEGALOW.CO.IDMenopause merupakan fase ketika ibu mulai berhenti menstruasi dan perlahan kehilangan kesuburuan. Tak hanya berpengaruh pada sistem reproduksi, menopause ternyata juga dapat berdampak pada kesehatan kulit.

Mengutip Medical News Today, menopause menyebabkan kadar hormon mengalami perubahan secara drastis, terutama hormon estrogen. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kulit ibu.

Ya Moms, estrogen memiliki peran penting untuk menjaga kulit tetap awet muda, elastis, dan sehat. Hormon ini merangsang produksi kulit, kolagen, dan zat lain yang terlibat dalam kesehatan kulit.

Selain itu, estrogen juga membantu penyembuhan luka, mengurangi inflamasi selama kehamilan, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Ketika hormon estrogen mengalami perubahan kondisi kulit pun turut berubah.

Baca Juga:   Penyelamatan Dramatis Bocah 5 Tahun yang Jatuh di Kandang Panda

Lantas, seperti pada perubahan pada kulit ibu akibat berubahnya hormon estrogen saat menopause? Simak penjelasannya berikut ni.

Efek Perubahan Hormon Estrogen saat Menopause pada Kesehatan Kulit

1. Ruam
Saat wanita mendekati masa menopause, tubuhnya mungkin akan menjadi lebih sensitif terhadap perubahan suhu, terutama panas. Itulah sebabnya kulitnya jadi lebih mudah berkeringat dan memerah. Kondisi ini biasanya disebut dengan hot flashes.

Selain itu, penurunan kadar estrogen dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan mudah iritasi. Beberapa ibu mungkin merasa lebih sensitif pada produk perawatan wajah tertentu, padahal sebelumnya bisa menggunakannya dengan aman.

Baca Juga:   AWAS BUAH DAN SAYURAN INI SEHARUSNYA TIDAK DIBERIKAN PADA BAYI

2. Rambut Wajah
Selama menopause, beberapa ibu mungkin mengalami penumbuhan rambut atau bulu pada bagian wajah, seperti dagu, di sepanjang garis rahang, dan atas bibir. Meski begitu, kondisi ini umumnya tidak mengganggu dan dapat dicukur seperti biasa.

3. Kulit Menipis
Menurunnya kadar estrogen dapat menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan mudah rusak. Hal itu dapat dilihat pada kulit yang mudah memar walaupun hanya terbentur ringan. Karena berada dalam kondiri rentan, penting bagi ibu untuk menggunakan sunscreen dan pelembap agar kesehatan kulit tetap terjaga.

4. Kulit Kering
Selain kulit yang menipis, beberapa wanita mungkin juga mengalami kulit kering dan cenderung bersisik. Hal itu disebabkan oleh kadar estrogen yang menurun, sehingga tidak dapat membantu kulit untuk tetap lembap. Untuk itu, ibu disarankan untuk tidak menggunakan produk scrub atau exfoliator agar tidak merusak kulit.

Baca Juga:   Teh vs Kopi, Mana yang Lebih Baik?

5. Bintik-bintik Penuaan
Bintik-bintik penuaan merupakan keluhan umum yang dirasakan ibu saat menopause. Hal itu merupakan tanda kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Kondisi ini bisa dicegah dengan menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. (Ist/TSF/AA)

 623 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan