ASDP Abaikan Penumpang Balita & Lansia

ASDP Abaikan Penumpang Balita & Lansia

KALIANDA LAMPUNG SEGALOW – Pelabuhanan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, mengabaikan kenyamanan pemudik balita dan kaum jompo. Mereka diperlakukan sama dengan ribuan penumpang lainnya yang harus mengantre hingga berjam-jam dan berdesak-desakkan di gangway menuju kapal ke Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (21/7).

Bahkan pemudik yang membawa balita pun harus ekstra hati – hati, agar si buah hatinya tidak hilang dari pegangan. Tak jarang anak- anak menangis karena terhimpit di antara ratusan pemudik lainya.

Namun, mereka tak dapat berbuat apa – apa karena tidak ada jalur khusus untuk balita di gangway. Pemudik sangat berharap, adanya jalur khusus pemudik yang membawa balita dan lansia.

Baca Juga:   Polda Lampung Amankan Pelaku Curat

“Saya sangat berharap sekali dengan adanya jalur khusus buat orang tua yang membawa anaknya untuk menyeberang dengan menggunakan kapal. Karena saya hampir tiap tahun mudik. Kalau bisa untuk fasilitas pelayanan jalur khusus untuk anak, lansia, ibu hamil dan ibu menyusui tahun depan sudah ada, supaya anak-anak tidak ikut berdesak-desakan seperti ini,” Ungkap Sri (36) dari Lampung Tenggah, yang hendak menuju Tangerang, Banten, dengan membawa anaknya yang masih berusia 5 tahun dan 2 tahun.

Pelabuhan Bakauheni memang belum terlihat adanya jalur khusus. Mereka berharap dibuatkan jalur khusus buat anak, lansia, ibu hamil, dan ibu menyusui, cepat direalisasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Baca Juga:   Loekman Resmikan KCP Kalirejo

Direktur Utama (Dirut) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengakui kesalahan prediksi soal lonjakan arus balik. “Dugaan puncak arus balik seharusnya kemarin sampai hari ini. Kalau lihat hari ini,  dari gejala-gejalanya, kelihatan justru hari ini yang menjadi clash puncak Sabtu,” kata dia.

Bahkan Ira menguraikan, bahwa yang telah menyebrang dari Sumatera ke Jawa kemarin 970 ribu orang lebih, bahkan hampir 1 juta.

“Pada hari ini risio antara penumpang roda 2, dan roda 4, mencapai 40 sampai 44 persen, tidak berlipat dua, tapi signifikan. Kami memperkirakan memang puncaknya hari ini, clash nanti hari Sabtu,” ujarnya.

Baca Juga:   Bachtiar Basri Terima Siswa TN

Sementara General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Anton Murdianto memberikan estimasi prediksi lonjakkan penumpang yang akan menyebrang ke Pulau Jawa dari Pulau Sumantera yang melalui pelabuhan Bakauheni akan mencapai 60 persen.

“Sekarang sudah 40 persen ya, kalau dilihat gejala dari pemudik yang banyak itu bisalah mencapai 60 persen, mungkin sampai besok akan mencapai sekitar 60 persenan,” katanya.(RF)

 614 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan