Bahaya Konsumsi Makanan Berpengawet

Bahaya Konsumsi Makanan Berpengawet

LAMPUNG SEGALOW (8/3) –  Konsumsi makanan berpengawet saat ini sudah menjadi bagian keseharian masyarakat modern. Selain mudah diperoleh, makanan berpengawet ini dinilai lebih nikmat dan lebih murah.

Tapi bagaimana jika makanan tersebut dikonsumsi selama bertahun-tahun? Bersama dr.Marya Warascesaria Haryono,Sp.GK dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat 8 Maret 2019, ia membeberkan lebih jauh, bahaya dari konsumsi makanan berpengawet. Berikut ini bahaya yang harus dihadapi jika terlalu sering konsumsi makanan berpengawet.

Tingkatkan risiko kanker

Beberapa bahan pengawet dalam kategori aman, tapi justru yang beredar yang ada di makanan yang mudah diperoleh di pasar mengandung bahan pengawet yang tidak aman untuk tubuh.

Baca Juga:   RESEP TUMIS BUNCIS WORTEL, SEDERHANA TAPI KAYA GIZI

“Hati-hati dan bijak memilih makanan yang berasal dari pasar tradisional yang mungkin banyak sekali paparannya,” kata Marya.

Anak jadi hiperaktif

Makanan berpengawet yang tidak sehat ternyata kaitannya selain bahaya terhadap kanker. Dalam beberapa penelitian bahkan diungkapkan, bahan pengawet tidak aman untuk anak, hal ini dikaitkan dengan hiperaktivitas.

Sebabkan gangguan pencernaan

Baca Juga:   Ibu-Ibu PKK Dasawisma TKB, Serahkan 70 Paket Sembako ke Warga

“Mengkonsumsi bahan makanan menggunakan pengawet buatan, kalau garam atau gula kebanyakan akan timbul gangguan pencernaan,” kata Marya. Kalau mengandung bahan kimiawi menimbulkan reaksi pada tubuh seperti diare atau gangguan pencernaan lain.

Sebabkan gangguan ginjal dan jantung

Hati-hati kalau bahan makanan pengawetnya kimiawi. Biasanya paling mudah ditemukan dalam makanan kemasan. Karena tubuh sulit mencerna, jika konsumsi rutin, otomatis berpengaruh terhadap organ tubuh. Perhatikan jumlah konsumsinya.(nsa) (LS/RF)

Baca Juga:   ARINAL JADIKAN MOMENTUM NUZULUL QUR'AN BAHAN INTROSPEKSI DAN INTROPROSPEKTIF

 585 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan