Bawaslu Copot APK di Angkot

Bawaslu Copot APK di Angkot

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG SEGALOW – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandarlampung bersama Dinas Perhubungan, Badan Polisi Pamong Praja dan kepolisian menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu 2019 di angkutan umum pada Senin (3/12).

Penertiban ini difokuskan di beberapa terminal angkutan umum di kota tapis berseri, diantaranya Rajabasa, Pasar Bawah atau Pasar Tengah, Kemiling,  Sukaraja, dan  Lempasing.

Baca Juga:   Driver Online Tuntut Aplikator Grab

“Penertiban akan berlangsung selama 5 hari yang dimulai pada Senin – Jumat di beberapa terminal di Bandarlampung,” kata Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslu Bandarlampung Yahnu Wiguno Sanyoto.

Ia mengimbau agar peserta pemilu menaati aturan kampanye yang salah satunya tidak diperbolehkan menempatkan APK di tempat umum, termasuk sarana dan prasarana publik seperti angkot.

Baca Juga:   PW IWO dan OJK Provinsi Lampung Jalin Keharmonisan

Hal ini sebagaimana tercantum dalam Pasal 78 PKPU Nomor 33 Tahun 2018 tentang kampanye pemilu yaitu sanksi administratif dan penurunan atau pembersihan APK/BK (bahan kampanye).

“Ini seperti yang Bawaslu Bandar Lampung lakukan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah menambahkan bahwa pihaknya mulai menertibkan stiker atau branding caleg dan capres – cawapres di angkot.

Baca Juga:   Penangkapan Mustafa Ada Udang di Balik Batu

“Pemasangan stiker atau branding APK peserta pemilu di angkutan umum itu tidak diperbolehkan karena dia masuk ke fasilitas umum,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pemasangan APK di kendaraan pribadi, ia tidak mempermasalahkannya, asalkan diijinkan oleh pemiliknya. (Ls/Rf)

 689 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan