Bersihkan Telinga Bayi, Bolehkah Pakai Cotton Bud?

Bersihkan Telinga Bayi, Bolehkah Pakai Cotton Bud?
LAMPUNG SEGALOW (28/2) – Selama ini banyak tenaga medis menyarankan agar tidak membersihkan telinga dengan cotton bud. Selain bisa membuat kotoran justru makin masuk ke dalam telinga dan menumpuk, membersihkan telinga dengan cotton bud dikhawatirkan juga bisa berisiko iritasi.

Salah satu cara terbaik tentu dengan membersihkannya ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT). Terlebih ketika membersihkan telinga pada anak bayi atau anak di usia dini. Hal ini karena kulit bayi masih sangat tipis dan rentan terluka juga iritasi.

Baca Juga:   Head Manager Akui Keributan Hal Biasa Terjadi Di Mixology

Tapi bukan berarti orangtua tidak bisa membersihkannya sendiri di rumah. Menurut dokter Spesialis THT Bedah Kepala dan Leher, Rumah Sakit Pondok Indah, dr Hably Warganegara, Sp. THT-Kl, membersihkan telinga si kecil bisa dilakukan di rumah namun tentu dengan syarat tertentu.

Cotton bud atau korek kuping.

“Untuk bayi, pada awal kelahiran biasanya kalau mau mengecek pakai senter. Memang paling gampang ke dokter untuk periksa tapi tentu ada biaya,” ungkap Hably saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Februari 2019.

Baca Juga:   Maling Dipergoki Berada di Dalam Kamar Rumah Warga

Ia juga menjelaskan, lubang telinga sendiri memiliki beberapa struktur yang berbeda. Sebab itu, untuk lubang telinga yang sedikit berkelok perlu sedikit teknik khusus dengan menarik gendang telinga agar lubang lebih terlihat dengan jelas.

“Kalau ada kotoran pada bayi masih gampang pegangnya. Tapi kalau udah gede suka gerak tiba-tiba, jadi harus berdua. Satu pegangin, satu ngintip,” kata dia.

Baca Juga:   Jelang Idul Adha, Ketua LKKS Eva Dwiana Bagikan Daging Ke Kaum Duaffa

Jika memang terlihat ada kotoran, ia memperbolehkan untuk membersihkannya dengan cotton bud.  Hanya saja dengan catatan, bahwa yang boleh dibersihkan hanya sepertiga telinga bagian luar.

“Jadi baiknya hanya di sepertiga bagian itu. Kalau sedikit kering bisa dengan baby oil. Tapi memang amannya langsung ke dokter THT,” kata dia. (tsy) (LS/RF)

 574 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan