Bolehkan Penderita Maag Akut Konsumsi Jeruk?

Bolehkan Penderita Maag Akut Konsumsi Jeruk?

 

LAMPUNG SEGALOW (6/2) – Tahun baru China identik dengan konsumsi jeruk mandarin, karena dikaitkan dengan keberuntungan. Terkenal akan rasanya yang manis namun banyak penderita maag yang masih ragu konsumsi buah ini. Namun benarkah penderita maag dilarang makan jeruk?

Spesialis gizi klinis DR dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) mengatakan sebaiknya penderita maag tak konsumsi jeruk. “Fakta (dilarang makan jeruk). Satu sakit maag berat, kedua jeruknya asam. Karena tiap jeruk beda tingkat keasaman,” ujarnya Rabu 6 Februari 2019 

Baca Juga:   6 Hal Untuk Mengatasi Depresi

Menurutnya, jeruk dengan tingkat keasaman yang tidak bisa ditolerir lambung adalah jeruk dengan Ph (tingkat keasaman) 2 sampai 3 yang artinya jeruk tersebut asam. Untuk mengetahui apakah buah jeruk asam atau tidak dan aman tidaknya untuk lambung, menurut Samuel cukup dengan mencicipinya. 

“Dicoba saja, kalau asam ph rendah, kalau manis ph tinggi. Ph 4 sampai 5 itu asam tapi manisnya banyak. Masih aman untuk maag yang gangguan di permukaan lambung, akibat asam lambung berlebih bukan luka seperti ulkus,” ujarnya menambahkan. 

Baca Juga:   SMAN 6 GELAR PERPISAHAN SISWA

Selain itu, jeruk mandarin ternyata juga bermanfaat untuk membantu mengatasi risiko hipertensi. Hal ini berkat kandungan zat hesperidin yang bisa didapat dari kulit buah jeruk. 

Di dalam buah mengandung satu zat hesperidin, yang membuat pembuluh darah lebih elastis,” jelasnya lagi. 

Pada orang dengan tekanan darah tinggi, biasanya pembuluh darah mereka kaku sehingga jantung harus bekerja lebih keras. Sedangkan hesperidin dalam kulit jeruk membantu pembuluh darah elastis. 

Baca Juga:   Diduga Dosen Cabul Masih Aktif Mengajar

“Hesperedin punya efek elastisitas, pembuluh darah elastis, tapi ada yang lebih tinggi yaitu kulitnya,” kata Samuel yang menyarankan saat mengonsumsi jeruk akan lebih baik bersama kulitnya. 

“Caranya ya cukup di jus, saring, kulitnya hesperidin keluar, ya cuma seratnya hilang.” (ldp) (LS/RF)

 

 617 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan