CARA ATASI RAMBUT KERING SAAT HAMIL

CARA ATASI RAMBUT KERING SAAT HAMIL
Foto : ilustrasi

LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Sebagai salah satu dampak dari lonjakan hormon, sering kali mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Di bagian kepala misalnya, mereka tidak hanya mengalami kerontokan , tetapi juga beberapa masalah lainnya.

Ya Moms, perubahan rambut pada ibu hamil termasuk teksturnya yang tiba-tiba menebal, lepek karena berminyak, hingga kering dan kasar seperti rambut rusak. Perubahan ini mungkin sedikit mengejutkan bagi beberapa ibu hamil, namun ini merupakan hal yang wajar, Moms.

Cara Atasi Rambut Kering saat Hamil

Rambut yang kering selama kehamilan bisa diatasi dengan menggunakan krim kondisioner tanpa bilas ataupun masker. Keduanya dapat memberikan kelembaban yang ekstra pada rambut sehingga mengurangi kekeringan. Hal ini dijelaskan oleh Dokter Kandungan dan Kebidanan, Mary Steen, MD.
Saat keramas menggunakan sampo, sebaiknya jangan menggosok rambut dan kulit kepala dengan kencang. Cara ini hanya akan menghilangkan minyak alami pada rambut ibu hamil. Tetapi, cobalah untuk memijat kulit kepala dengan lembut untuk merangsang kelenjar minyak.

Baca Juga:   Cara Menurunkan Kolesterol dengan Alpukat

Meski begitu, ibu hamil dengan rambut kering disarankan untuk tidak mencuci rambutnya setiap hari karena ini hanya akan membuat rambut semakin kering. Sebaiknya, cucilah rambut 1-2 kali dalam satu minggu, atau ketika Anda merasa rambut sudah kotor hingga menimbulkan rasa gatal.

Jika rambut memiliki tekstur kering, hindari alat pemanas seperti blow, pelurus dan pengeriting rambut. Alih-alih membuat kondisinya membaik, alat tersebut justru hanya akan semakin merusak rambut yang sudah rapuh, Moms.

Baca Juga:   PEMPROV LAMPUNG GELAR SOSIALISASI PEMBANGUNAN BERKETAHANAN IKLIM DAN ANTISIPASI DAMPAK EL NINO DI SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN

Selain itu, ibu hamil juga masih bisa melakukan perawatan rambut dengan minyak panas di salon maupun rumah. Perawatan ini dapat memberikan perbaikan tekstur rambut dengan menghidrasi lebih cepat. Beberapa minyak alami yang bisa digunakan seperti, minyak kelapa, minyak argan, minyak teh hijau, minyak rosemary, hingga minyak zaitun.

Kemudian yang paling penting dari semuanya adalah menjaga asupan makanan sehat dan bergizi selama kehamilan. Asupan nutrisi yang tepat akan membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk rambut kering seperti ikan salmon, sayur bayam, hingga buah jambu biji.(Ist/Zar/AA)

 958 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan