9 Februari 2023

DOA DAN HARAPAN WARGA TIONGHOA DI PERAYAAN IMLEK TAHUN KELINCI AIR

DOA DAN HARAPAN WARGA TIONGHOA DI PERAYAAN IMLEK TAHUN KELINCI AIR

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGSEGALOW.CO.IDPerayaan Tahun Baru Imlek 2574 tahun 2023 di kota Bandarlampung berjalan lancar, ini terlihat dari umat Budha yang bercengkrama usai melakukan sembahyang di vihara Thay Hin Bio, Minggu (22/1).

Pantauan Lampungsegalow.co.id dilapangan umat Budha Tionghoa terlihat ramai berdatangan ke vihara silih berganti untuk melangsungkan ibadah.

Umat Budha Tionghoa tersebut beribadah dengan membakar dupa didepan leluhur sambil berdoa.

Tak hanya itu, warga etnis Tionghoa ini juga terlihat berswafoto di depan gapura berkelinci pada Imlek tahun ini.

Ketua ikatan Cici Koko se-provinsi Lampung, Feberlianita mengatakan sebagai umat Budha tentunya merasa bersyukur dengan perayaan Imlek tahun ini dimana dalam perayaan ini tidak ada batasan-batasan seperti dua tahun sebelumnya yang sedang di landa covid 19.

Baca Juga:   LAPAH 4: Kolaborasi Seni Tari, Rupa, Musik, Instalasi dan Fotografi

“Kalau ditahun sebelumnya kita masih pandemi dan tidak boleh melaksanakan ibadah karena memang ada aturan dari pemerintah tidak boleh berkerumun. Dan kita bersyukur dengan keadaan sekarang, karena saat ini sudah endemi sehingga kita bisa beribadah menyembah leluhur kita dihari Imlek,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, ia berharap agar ditahun kelinci ini pintu keberuntungan di buka untuk seluruh umat.

“Saya berharap agar kita mendapat hoki yang banyak dan kita dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik ditahun kelinci ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan ditahun kelinci ini umat Budha Tionghoa percaya dengan adat budaya dengan adanya ciong (ketidak beruntungan/sial).

Baca Juga:   Pasar Modern 24 Tejo Agung Bakal Sepi Pembeli

“Kalau untuk pantangan kita percaya terhadap ciong berdasarkan ramalan – ramalan yang ada dan biasanya ada catatan khusus dari leluhur,” pungkasnya.

Ia juga mengajak masyarakat Tionghoa di Lampung agar bersuka cita dalam merayakan momentum Imlek tahun ini dan memanfaatkan momen yang ada untuk mempererat hubungan kekerabatan.

“Bersuka cita lah dalam merayakan Imlek, pererat hubungan persaudaraan dan kekerabatan , bersyukur atas rahmat kesehatan,” ajaknya.

Sementara itu, Robin usai melakukan sembahyang, ia mengatakan perayaan Imlek pada tahun 2023 ini akan terus berlangsung hingga lima belas hari kedepan.

Baca Juga:   GUBERNUR ARINAL SAMBUT BAIK PENYELENGARAN MUKERNAS II MUI, 9-11 DESEMBER 2022

“Dan puncak perayaan Imlek itu jatuh pada tanggal 4 dan 5 Februari 2023 bersamaan dengan perayaan Cah Goh Meh,” ujarnya.

Ia berharap keberkahan tersendiri terjadi dalam tahun kelinci air ini dengan harapan tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya yang merupakan shio macan.

“Tahun kelinci, dia binatang yang lembut, membawa kelembutan, keberuntungan. Tidak terlalu seperti tahun kemarin, tahun macan, bagai berkeyakinan sembahyang ciong agak sulit. Tapi tahun kelinci ini dalam tatanan ekonomi, usaha, tidak terlalu sulit seperti tahun kemarin,” ungkapnya. (Din/AA)

 566 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan