Festival Ogoh-Ogoh Meriahkan Hari Raya Nyepi

Festival Ogoh-Ogoh Meriahkan Hari Raya Nyepi

BANDAR LAMPUNG, LAMPUNG SEGALOW (6/3)  – Masyarakat Hindu di Lampung kembali menggelar festival Ogoh-Ogoh untuk memeriahkan Hari Raya Nyepi di Tugu Adi Pura Bandar Lampung, Rabu (6/3/2019)

Festival ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Kamis, 7/3/2019. Sejak tanggal 26 Februari telah dilakukan beberapa kegiatan diantaranya Go green atau pembersihan alam di Pulau Pasir. Setelah itu pada tanggal 3 Maret acara Melasti atau pembersihan diri selama satu hari penuh di Pura Segare Garuda Hitam yang diikuti oleh dua Kabupaten yaitu Bandar Lampung dan Lampung Timur.

Ritual Tawur Agung atau festival Ogoh-Ogoh ini merupakan salah satu pembersihan alam yang dilakukan sebelum umat Hindu melakukan ” Catur Brata Penyepian” dengan tujuan agar umat Hindu mendapatkan keamanan dan kenyamanan agar lebih khusyuk.

Baca Juga:   MU Rilis Jadwal Tur Pramusim 2019

Harapannya dengan adanya Catur Brata Penyepian bisa menyukseskan Pemilu dan semua umat mempunyai toleransi beragama yang harmonis ” semoga dengan adanya Catur Brata Penyepian bisa menyukseskan Pemilu Pileg dan Pilpres serta semua umat tidak hanya umat Hindu bisa mempunyai hubungan yang harmonis dan keseimbangan antara individu dengan individu, manusia dengan lingkungan, dan manusia dengan Tuhan Nya ” Kata ketua PHDI Kota Bandar Lampung Dewa Kade Arta

Arak-arakan patung besar atau Festival Ogoh-Ogoh ini sangat menarik perhatian minat warga dan wisatawan lokal. Festival ini juga dihadiri oleh 400 umat Hindu yang merupakan perwakilan dari Banjar-Banjar yang ada di Kota Bandar Lampung. (din/rf)

 646 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan