GEJALA KANKER PADA ANAK

GEJALA KANKER PADA ANAK

LAMPUNGSEGALOW.CO.IDKanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti setiap orang. Pasalnya, sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan sel abnormal tersebut. Bahkan, bila tidak ditangani dengan tepat, penyakit ini dapat mengancam nyawa seseorang, termasuk pada anak.

Ya Moms, menurut Anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Hematologi Onkologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Bambang Ardianto, Ph.D, Sp.A(K), sekitar 60 persen kasus kanker di Rumah Sakit Sardjito dialami oleh anak di bawah usia 18 tahun. Namun bila mengikuti anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit ini sebenarnya dapat disembuhkan asalkan diketahui secara dini.

Baca Juga:   GELAR RAKERDA, SMSI KABUPATEN WAY KANAN RENCANAKAN PROGRAM KERJA TAHUN 2023

“Semua ini sudah ditetapkan oleh WHO sebagai ciri yang dapat disembuhkan asal kasus-kasus tersebut dapat diproteksi secara dini dan kemudian dirujuk pada keadaan-keadaan yang sesuai,” kata dr. Bambang, dalam Live Instagram IDAI bertajuk “Gejala Kanker pada Anak”, beberapa waktu lalu.

Lantas, apa saja gejala kanker yang umum terjadi pada anak?

Gejala Kanker yang Bisa Terjadi pada Anak

Menurut dr. Nur Melani Sari, M.Kes, Sp.A(K), kanker anak merupakan prioritas kedua WHO karena semua rangkaian pengobatan ditangani langsung dokter anak dibantu dengan beberapa dokter spesialis lainnya.

Baca Juga:   DAMPAK ORANG TUA PILIH KASIH PADA ANAK

“Dari seluruh kanker dewasa, kanker anak ini sebagai prioritas kedua WHO karena dari mulai atas sampai bawah dipegang oleh dokter anak utamanya ya dengan kolaborasi dengan dokter lain,” ungkap dr. Nur, dalam kesempatan yang sama.

Namun sayangnya, pendataan kasus kanker anak dan penyuluhan tentang berbagai gejala yang timbul belum dilakukan secara merata. Oleh sebab itu, penting untuk orang tua rutin melakukan deteksi dini terhadap gejala umum kanker yang terjadi pada anak. Beberapa di antaranya adalah:

Baca Juga:   Solusi Untuk Anak Agar Suka Buah-buahan

1. Muka jadi sering pucat dan lemas.
2. Muncul memar disertai perdarahan.
3. Timbul benjolan di sekitar ketiak, selangkangan, dan leher, tetapi tidak disertai demam.
4. Penurunan berat badan secara drastis.
5. Demam berkepanjangan tanpa penyebab yang pasti.
6. Sesak napas.
7. Perubahan bentuk bola mata.
8. Perut membuncit.
9. Gangguan ginjal tiba-tiba.
10. Nyeri kepala berkepanjangan. (Ist/TSF/AA)

 1,034 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan