12 Agustus 2022

GEJALA SERTA PENYEBAB TROMBOSIT RENDAH SAAT HAMIL

GEJALA SERTA PENYEBAB TROMBOSIT RENDAH SAAT HAMIL
Foto: Shutterstock

LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Trombositopenia atau rendahnya jumlah trombosit dalam tubuh adalah kelainan darah yang cukup sering terjadi saat hamil. Meski kondisi ini tidak membahayakan, tetapi bila jumlah trombosit menurun drastis dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.

Trombosit adalah sel kecil di dalam darah yang berperan penting saat proses pembekuan darah. Normalnya, jumlah trombosit dalam tubuh berkisar antara 150.000 hingga 450.000 per mikroliter darah. Sehingga, bila jumlah trombosit dalam tubuh di bawah 150.000 per mikroliter darah, maka bisa menyebabkan trombositopenia.

Dikutip dari Mom Junction, sekitar 6 sampai 15 persen ibu hamil mengalami trombositopenia. Sebagian besar, kondisi ini terjadi pada trimester akhir atau menjelang persalinan.
Berikut ini adalah gejala dan penyebab trombositopenia yang bisa dialami ibu hamil.

Baca Juga:   POHON TUMBANG TIMPAH KABEL LISTRIK DAN PAGAR RUMAH WARGA

Gejala Trombosit Rendah saat Hamil

1.Trombositopenia gestasional
Dalam beberapa kasus, ibu hamil dengan trombositopenia tidak menunjukkan gejala tertentu. Namun, ada beberapa gejala umum yang perlu diketahui, yaitu:

  • Pendarahan yang tak kunjung berhenti seperti dari luka, gusi, dan hidung (mimisan)
  • Bintik bulat kecil yang disebabkan karena terjadinya pendarahan di bawah kulit
  • Terdapat darah di dalam urine atau feses
  • Muncul ruam merah atau kecoklatan
  • Kelelahan
Baca Juga:   Sekdaprov Terima Audiensi SMSI

Trombositopenia Gestasional adalah kondisi di mana jumlah trombosit turun ke kisaran sedang, yakni sekitar 50.000 – 100.000 per mikroliter darah. Kondisi ini menyumbang 70 sampai 80 persen dari kasus trombositopenia pada kehamilan, dan akan membaik secara spontan setelah melahirkan.

2.Gangguan hipertensi
Sekitar 20 persen kasus trombositopenia saat hamil disebabkan oleh hipertensi seperti preeklamsia, eklamsia, dan sindrom HELLP.

3.Purpura trombositopenik imun
Purpura trombositopenik imun merupakan gangguan autoimun yang dirangsang karena penghancuran trombosit di limpa. Namun, kondisi ini tidak termasuk penyebab utama trombositopenia saat hamil.

4.Hati berlemak akut
Hati berlemak akut adalah kelainan langka di mana jumlah trombosit di bawah 20.000 per mikroliter darah. Ya Moms, kondisi ini disebut langka karena hanya terjadi pada satu dari 10.000 – 15.000 ibu hamil.

Baca Juga:   Duta Swasembada Gizi Lamsel Bantu Penderita Stunting

5.Penyebab lain-lain
Ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan rendahnya jumlah trombosit saat hamil, seperti kekurangan vitamin B12 dan asam folat, penyakit autoimun, infeksi virus, kelainan sumsum tulang belakang, dan obat-obatan tertentu.
Jadi, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan darah saat hamil. (Ist/Zar/AA)

 547 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan