12 Agustus 2022

HARGA BAWANG MERAH SUPER MELAMBUNG TINGGI

HARGA BAWANG MERAH SUPER MELAMBUNG TINGGI

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Harga bawang merah saat ini terus naik hingga melambung tinggi, salah satunya jenis super atau bawang merah brebes yang sangat mempengaruhi harga bawang jenis lainya. Selasa (31/5)

Kenaikan harga bawang jenis Brebes membuat pedagang beralih ke bawang lokal, meskipun peminat dari bawang lokal sendiri sangatlah sedikit. Hal itu dikatakan Ahmad, salah satu pedagang grosir bawang di pasar pasir gintung.

Baca Juga:   Pasar Blok A Kebayoran Baru Dilalap Si Jago Merah

“Kalo sekarang bawang brebes lagi mahal, jadi kita masukinnya paling bawang-bawang lokal aja, yah memang bawang lokal ini kurang peminatnya. Bedanya bawang lokal sama brebes ini, rasa dan harumnya, kalo yang lokal ini kan kurang, jadi peminatnya banyak suka bawang brebes,” kata dia kepada Lampung Segalow.

Ia mengatakan, harga bawang merah super atau brebes saat ini mencapai Rp40 ribu perkilogram. Salah satu penyebab dari kenaikannya sendiri dikarenakan gagal panen atau cuaca buruk.

Baca Juga:   Pedagang Keluhkan Kebijakan PPKM

“Harga bawang brebes sekarang aja, udah sampai Rp40 ribu perkilogram. Penyebabnya mungkin karena gagal panen, terus dari musim hujan, bisa jadi seperti itu,” jelas dia.

Bawang lokal juga saat ini mengalami kenaikan, bahkan mencapai 2 kali lipat, hal itu juga pengaruh dari naiknya harga bawang super.

“Untuk bawang lokal naik, pengaruh juga, malah 2 kali lipat naiknya. Biasanya kalo beli karungan harganya Rp26 ribu, sekarang bisa Rp36 ribu. Kita jual ecernya Rp40 ribu perkilogram,” ujar dia.

Baca Juga:   POLRESTA BANDARLAMPUNG TERIMA KUNJUNGAN TIM SUPERVISI DUMAS BIRO WASSIDIK BARESKRIM POLRI

Diketahui saat ini stok bawang merah lokal tidak mengalami penurunan. Sementara, bawang merah jenis super atau brebes saat ini mengalami kurangnya pemasokan. (TSF/AA)

 596 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan