25 September 2022

INI TANDA KALAU KAMU SEDANG MENGALAMI STRES

INI TANDA KALAU KAMU SEDANG MENGALAMI STRES

LAMPUNGSEGALOW.CO.IDSituasi yang penuh tekanan dapat menyebabkan seseorang merasakan stres. Kondisi seperti ini dapat terjadi kapan saja dan enggak bisa dikelola saat masuk ke dalam kehidupan.

Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Bukan hanya itu, stres juga bisa membuatmu lelah dan sakit secara fisik.

Langkah pertama untuk mengendalikan stres adalah dengan mengetahui gejala-gejala stres. Tapi, mengenali gejalanya ini mungkin lebih sulit dari apa yang kamu pikirkan.

Berikut adalah gejala-gejala yang dialami saat kamu mengalami stres seperti dikutip dari Webmd. Stres bisa mempengaruhi semua bagian kehidupan termasuk emosi, perilaku, kemampuan berpikir, dan kesehatan fisik. Gejala stres pun bisa bervariasi. Lantas apa saja gejalanya?

Baca Juga:   PEMKOT AKAN GELAR PASAR MURAH SELAMA BULAN RAMADHAN

Gejala stres secara emosional

Biasanya orang stres akan mudah gelisah, frustasi, dan murung. Mereka akan merasa kewalahan seolah-olah kehilangan kendali atau perlu mengambil kendali. Selain itu, orang yang mengalami stres secara emosional memiliki waktu yang sulit untuk bersantai dan menenangkan pikiran.

Mereka akan merasa buruk tentang diri sendiri, merasa kesepian, enggak berharga, dan depresi. Tak hanya itu, orang yang mengalami gejala ini akan menghindari orang lain.

Gejala stres secara fisik

Sakit kepala adalah salah satu kondisi fisik yang menandakan bahwa kamu sedang mengalami stres. Selain sakit kepala, kamu mungkin akan merasa sakit perut termasuk diare, sembelit, dan mual, nyeri otot, nyeri dada, dan detak jantung cepat. Gejala lainnya adalah akan merasakan sulit tidur, sering pilek dan infeksi.

Baca Juga:   Peringati May Day 2021 di Tengah Pandemi, Buruh Gelar Aksi Secara Virtual

Kamu juga mungkin merasa hilangnya hasrat dan kemampuan seksual. Kamu akan mudah gugup dan gemetar, merasa telinga berdenging, dan tangan kaki yang dingin atau berkeringat. Selain itu, kamu akan merasa mulut kering dan sulit menelan, rahang terkatup, dan gigi terkatup.

Gejala stres secara kognitif

Orang yang mengalami stres secara kognitif akan merasa khawatir terus-menerus, banyak pikiran, kelupaan dan disorganisasi, ketidakmampuan untuk fokus, penilaian yang buruk, dan menjadi pesimis atau hanya melihat sisi negatifnya

Baca Juga:   VIRAL: Suporter Tottenham Hotspur Tuding Manchester United Turunkan Tiga Kiper

Gejala stres secara perilaku

Stres yang dialami setiap orang bisa berbeda-beda. Orang yang mengalami gejala stres berikut ini biasanya mulai terlihat dari perubahan nafsu makan; menunda-nunda dan menghindari tanggung jawab; lebih banyak mengkonsumsi alkohol, obat-obatan, atau rokok; bahkan memiliki perilaku yang lebih gugup seperti menggigit kuku, gelisah, dan mondar mandir. (lst/TSF/AA)

 561 kali dilihat,  8 kali dilihat hari ini

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan