Karir Sukses karena Punya Tim Solid di Kantor, Begini Caranya

Karir Sukses karena Punya Tim Solid di Kantor, Begini Caranya

LAMPUNG SEGALOW (7/2) – Melakukan pekerjaan di kantor dibutuhkan tim yang solid untuk mencapai tujuan kinerja yang baik. Pada akhirnya semua itu untuk meningkatkan kinerja tim, kesuksesan meniti karier, dan memajukan perusahaan.

Namun bisa bekerja sama dengan tim tidaklah mudah. Beda orang berbeda pula pemikirannya dan dalam melakukan interaksinya. Nah, kerja sama tim ini bisa menjadi poin penting dalam perkembangan karier Anda ke depannya.

Sehingga penting bagi Anda untuk selalu membawa diri dengan cara yang tepat, bahkan di masa-masa awal Anda bergabung dengan perusahaan.

Bagaimana pun juga, Anda tentu menginginkan karier yang cemerlang di dalam pekerjaan Anda, bukan? Caranya mudah, yakni menjalin kerja sama yang baik dengan tim kerja Anda di perusahaan. Semua ini tentu akan sangat tergantung pada sikap dan perilaku Anda di kantor, terutama saat berinteraksi dengan rekan satu tim Anda.

Pastikan Anda bersikap dan melakukan hal yang tepat di dalam pekerjaan, agar Anda tidak mengalami kendala ketika bergabung dan menyelesaikan berbagai pekerjaan bersama dengan tim kerja Anda.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa langkah tepat yang bisa memudahkan Anda bekerja sama dengan tim kerja Anda di kantor seperti dikutip dari Cermati.com.

Baca Juga:   Nataru ASN Dilarang Keluar

1. Sikap dan etika kerja yang baik

Hari-hari Anda di dalam perusahaan akan dipengaruhi oleh sikap Anda. Pastikan Anda bersikap dengan baik dan profesional sejak hari pertama kerja, di mana Anda menggunakan etika kerja dan sikap yang tepat saat berinteraksi dengan orang-orang di perusahaan.

Perkenalkan diri Anda dengan baik dan cobalah untuk berbaur dengan karyawan lainnya, sehingga Anda bisa lebih mudah memahami budaya dan lingkungan kerja yang Anda masuki. 

2. Cari informasi dan pahami target tim

Di tim apa Anda akan bekerja dan apa saja yang akan menjadi tanggung jawab tim tersebut di dalam perusahaan? Hal ini menjadi sesuatu yang penting untuk Anda pahami dengan baik sejak awal.

Tanyakanlah kepada atasan Anda apa saja yang dilakukan tim kerja dan apa terget tim tersebut di dalam perusahaan. Semua ini akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih mudah masuk ke dalam tim dan ikut berkontribusi dalam mencapai target tim tersebut. 

3. Tanyakan pembagian tugas secara detail

Baca Juga:   Resep Masakan: Tahu Cabai Garam Mudah dan Lezat

Jangan lupa untuk segera mencari tahu tentang tugas-tugas Anda, termasuk tanggung jawab Anda di dalam tim kerja. Anda bisa menanyakan hal ini secara langsung kepada atasan dan juga rekan dalam satu tim.

memahami dengan baik tugas dan tanggung jawab serta bisa berkontribusi secara maksimal di dalam tim kerja Anda. Komunikasi yang baik dan jelas seperti ini akan sangat memudahkan Anda untuk memahami berbagai hal, termasuk target kerja tim Anda.

4. Sampaikan pola dan juga kemampuan kerja Anda

Berdiskusilah dengan atasan Anda dan sampaikan pola kerja dan juga kemampuan terbaik yang bisa Anda berikan kepada perusahaan, khususnya kepada tim kerja tersebut.

Hal ini akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah menyesuaikan diri dan bergabung di dalam tim kerja tersebut. Jika perlu, Anda juga bisa berdiskusi dengan rekan satu tim Anda yang lainnya.

5. Aktif di dalam aktivitas perusahaan

Bukan hanya tim kerja saja, namun Anda juga perlu bersosialisasi dengan seluruh lingkungan perusahaan tersebut. Luangkan waktu Anda untuk menyapa dan berinteraksi dengan karyawan lainnya, termasuk guna mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan.

Baca Juga:   Pengadilan Agama Eksekusi Tanah Warisan

 

Kegiatan yang biasa dilakukan perusahaan seperti gathering dan lainnya. Hal seperti ini akan membuat Anda lebih nyaman dan bisa bekerja secara maksimal. 

6. Bersikap dewasa dan profesional

Selain berbagai hal di atas, sikap dewasa dan juga profesional merupakan dua hal lainnya yang tak boleh Anda abaikan. Berbagai masalah dan juga hambatan yang sangat mungkin Anda alami di awal-awal masa kerja, sehingga sangat penting untuk selalu menyikapinya dengan dewasa.

Hindari berbagai sikap yang akan merugikan diri Anda sendiri, seperti sikap egois, emosional, keras kepala, menggurui, suka bergunjing atau bahkan selalu datang terlambat. 

Jadilah pekerja yang profesional

Bersikap profesional di tempat kerja sudah menjadi keharuan. Selain itu, diperlukan juga untuk bersikap ramah dan menyenangkan. Sehingga komunikasi dengan rekan kerja bisa terjalin dan berjalan dengan baik. 

Jadi, berlakukah profesional dan menyenangkan agar Anda bisa berbaur dengan mudah dan memberikan andil kinerja yang maksimal dalam tim demi meniti karier cemerlang. (LS/RF)

 

 

 602 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan