12 Agustus 2022

Kasus Dugaan pungli Kakam Bumi Agung-Bahuga masih dingin

Kasus Dugaan pungli Kakam Bumi Agung-Bahuga masih dingin

BANDARLAMPUNG,LAMPUNG SEGALOW-Mengngat kembali tentang Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yg ditandatangani Presiden Joko Widodo. Pemberantasan Pungli adalah satu upaya mendapat kepercayaan publik dan Penegakan Hukum.

Dalam Perpres itu, Satgas Saber Pungli bertugas untuk memberantas praktik pungutan liar secara efektif dan efisien. Satgas itu memiliki empat fungsi, yakni intelijen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan, serta yustisi.Sabtu (29/2/20)

Menurut info yg di dapat dari pemberitaan beberapa media elektronik, Kepala Desa Bumi Agung, Bahuga, Way Kanan membantah melakukan pungli prihal kompensasi yg di berikan perusahaan untuk memperbaiki jalan rabat beton yang di danai dari ADD tahun 2017.

Baca Juga:   KAPANKAH ANAK PERLU KONSUMSI VITAMIN UNTUK MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH SERTA KEMAMPUAN MEMORINYA

Sementara menurut data yg ada pada bulan Februari 2019, telah terjadi penandatangan kesepakatan dan pemberian dana kompensasi oleh pihak PT kepada KaKam, SekKam dan beberapa saksi (bukan kadus/tokoh masyarakat), dana sebesar 96jt tersebut diterima saat itu langsung oleh KaKam Bumi Agung.

Menurut pakar Hukum Doddy Hasmadin, SH.
Tindakan pemungutan “uang jalan” sebagaimana yang terjadi merupakan praktik pungutan liar. Hal ini dikarenakan tidak ada ketentuan atau dasar hukum yang memberikan kewenangan kepada KaKam untuk memungut “uang jalan” atas angkutan sawit perusahaan tersebut.

Baca Juga:   BNNP Lampung Musnahkan 2.048,79 Gram Sabu

Bantahan tersebut tentang praktek pungli yg di lakukan Kakam Bumi Agung menjadi pukulan keras bagi Aparat Penegak Hukum terutama TIPIKOR agar dapat dengan tegas melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

 

Menurut Sekcam Bahuga Edi Alamsyah, “proses kewenangannya ada di kepolisian, kalau terbukti kakam itu melakukan pungli silahkan di proses hukum yg berlaku dan kita tdk akan berusaha utk melindungi yg bersangkutan”. Beliau pun menambahkan bahwa WaKa Polres Way Kanan Kompol Fanny Indrawan melalui pesan WA telah memerintahkan Polsek Bahuga untuk segera bekerja profesional menyidik dan menindak lanjuti atas apa yang terjadi tersebut. Namun sampai berita ini di turunkan Sekcam Bahuga dan pihak media belum mendapatkan info yg jelas dari pihak Polsek Bahuga perihal penanganan masalah tersebut.(din/rf)

 295 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan