Khamamik Salurkan 14 Handtracktor

Khamamik Salurkan 14 Handtracktor

MESUJI – Bupati Mesuji Khamamik menyalurkan bantuan berupa 14 handtracktor pada 14 kelompok tani dari 12 desa di kediaman dinasnya, Rabu (9/5/2018). Banuan itu dari Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Program Peningkatan Percepatan Tanam.

Para penerima bantuan dari Desa Tebing Karya Mandiri, Wonosari, Pangkal Mas Jaya, Tanjung Menang, Fajar Asri, Fajar Indah, Adi Mulyo, Labuhan Batin, Wiralaga II, Suka Maju, Sidomulyo, Tirtalaga, dan Bangun Mulyo.

“Bantuan yang diberikan ini tidak ada pungutan biaya apapun. Gunakan handtracktor ini dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan anggota kelompok tani, tidak hanya ketuanya saja. Berkaitan dengan penggunaan handtracktor harus melalui musyawarah kelompok. Silakan lapor saya jika handtracktor tidak digunakan semestinya,” tegasnya.

Baca Juga:   Ormas & LSM Harus Terdaftar Kemenkumham

Bantuan tersebut merupakan realisasi dari dari rencana kerja Kementan, tahun ini. Berupa pengembangan infrastruktur dan penguatan investasi untuk percepatan peningkatan produksi dan ekspor pangan.

Dalam hal ini, kebijakan operasional yang akan dijalankan berupa percepatan produksi dan perbanyakan benih, penyediaan dan perbanyakan indukan sapi, penyediaan pasokan air (embung dan bangunan air lainnya), pengembangan kawasan/kluster.

Baca Juga:   Bupati Lampung Selatan Hadiri Dzikir dan Doa Kebangsaan HUT RI Ke-76

Percepatan dan peningkatan produksi dan swasembada, hilirisasi pangan dan pertanian, perbaikan/pergantian varietas unggul bermutu, pengembangan lumbung pangan dan ekspor di wilayah perbatasan, percepatan pengembangan pertanian organik, sinergi program dan kegiatan lintas eselon I dan Kementerian/Lembaga.

Selain itu, target-target produksi 12 komoditas strategis dalam rangka pembangunan ketahanan pangan yang terdiri dari padi, jagung, kedelai, tebu/gula, daging sapi/kerbau, cabai, bawang merah, bawang putih, karet, kopi, kakao, kelapa dalam, dan kelapa sawit.

Baca Juga:   Eva Tinjau Vaksinasi SD

Untuk target makro PDB pertanian tumbuh 3,8 persen, penyerapan tenaga kerja pertanian 34,7 juta orang, Nilai Tukar Petani (NTP) sebesar 103,99, Skor Pola Pangan Harapan (PPH) 90,5.(*)

 507 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan