KPU Coklit 4 Bacagub

KPU Coklit 4 Bacagub

 

Empat pasang bakal calon gubenur Lampung 2018.

 

BANDARLAMPUNG – KPU Lampung menggelar pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar calon pemilih di empat tempat kediaman bakal calon gubenur (Bacagub), Sabtu (20/1/2018).

Para calon gubernur itu Herman HN, Mustafa, Arinal Djunaidi, dan M. Ridho Ficardo. Mereka didatangi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan didampingi anggota KPU Lampung dan jajaran.

Komisioner KPU Lampung Sholihin melakukan pemuktahiran data pemilih di rumah Herman HN Jalan Cut Nyak Dien No. 74 Palapa Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung.

Herman HN menilai proses pemutakhiran data pemilih tetap (DPT) itu penting demi memastikan keberadaan pemilih. Selain itu, mencegah terjadinya kecurangan berupa pemilih ganda dan mobilsasi pemilih.

Baca Juga:   M. Sobri Pensiun Lamar Dewan

Sementara berkas Mustafa dinyatakan lengkap dan akan mencoblos di TPS-2 Dusun II, RT-4, Kampung Bumiaji, Kecamatan Anaktuha Lampung Tengah, sesuai domisilinya.

Komisioner KPU Lampung M. Tio Aliansyah mengatakan coklit serentak ini menjadi sosoalisasi kepada masyarakat dan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilgub 27 Juni 2018 mendatang.

Tugas PPDP adalah ujung tombak sehingga perlu didampingi agar semua berjalan baik dan lancar. “Ini sudah menjadi tanggung jawab kami, agar semuanya berjalan dengan baik, lancar dan sesuai koridor,” imbuh Tio.

Mustafa menyatakan siap mengikuti semua tahapan dan prosedur yang ditetapkan. “Saya harapkan pilkada berjalan lancar aman melalui pendataan dan proses adminiatrasi yg baik ini,” tegas Mustafa.

Baca Juga:   Zainudin Hasan Biarkan Kader DPW PAN Lampung Liar

Mustafa juga mengaku hanya memiliki dua mata pilih dalam data coklit tersebut, yakni dirinya dan istri. Sementara kedua anaknya belum memiliki hak pilih karna masih di bawah umur.

Lalu, Komisioner KPU Lampung Ahmad Fauzan mendatangi kediaman Arinal Djunaidi di Jl. Sultan Agung Sepang Jaya Kecamatan Labuhanratu, Bandarlampung. “Ada tiga yang dicoklit, Pak Arinal, istrinya dan anaknya yang lagi kuliah di UGM,” ujar Fauzan.

Dia menjelaskan, seluruh berkas seluruhnya lengkap. Baik fotocopy KTP elektronik dan Kartu Keluarga.

Rencanannya, Arinal memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13. “Berkasnya lengkap, NIK juga sama. Keluaraga ini (Arinal) akan memilih di TPS 13,” jelasnya.

Baca Juga:   Dicopot Jabatan Yanuar Irawan Santuy

Petugas juga melakukan kegiatan serupa di Rumah Dinas Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo Jalan Dr Susilo No.12, Bandar Lampung.

Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih mengatakan terdapat perubahan data soal lokasi pemungutan suara. Sebelumnya pada TPS-8 berubah menjadi TPS-7.

Terkait coklit tersebut, KPU telah menyiapkan 20 ribu PPDP untuk bertugas di seluruh Lampung. “Daerah yang memiliki lebih dari 450 mata pilih, maka akan ditugaskan dua orang PPDP,” kata Handi.

Adapun coklit itu seyogyanya akan dilakukan serentak seluruh Indonesia mulai dari 20 Januari sampai 18 Februari.(RA)

 

 580 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan