Lambar Banyak Destinasi Pariwisata Unggulan

Lambar Banyak Destinasi Pariwisata Unggulan

Danau suoh

LIWA LAMPUNG SEGALOW — Kabupaten Lampung Barat (Lambar) punya beragam potensi wisata unggulan: wisata alam, budaya, dan sejarah ada di kabupaten berjuluk Bumi Sekala Bekhak itu. Dengan beragam potensi yang dimiliki, Bupati Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasunurin gencar melakukan berbagai upaya untuk menjadikan Lambar sebagai salah satu destinasi wisata utama di Provinsi Lampung.

Sejumlah kecamatan yang memiliki pontesi unggulan, mendapat perhatian khusus dari Pemkab Lambar untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata utama.

Beberapa kecamatan itu: Lumbokseminung, Sumberjaya, Suoh, Balikbukit, dan Kecamatan Batubrak.

Di Kecamatan Sumberjaya, ada wisata arung jeram. Wisatawan bisa menikmati sensasi mengarungi derasnya aliran Sungai Waybesai dengan perahu karet, sambil menikmati panorama alam hutan tropis basah yang sejuk dan segar. Sedangkan di Kecamatan Suoh ada Kawah Nirwana. Semburan uap dan air panas di Kawah Nirwana menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Baca Juga:   PANITIA BAZAR TAKJIL SRIWIJAYA UCAPKAN TERIMA KASIH KE WALIKOTA

Kawah Nirwana berada di sekitar lokasi sumber panas bumi yang masuk kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Tidak jauh dari Kawah Nirwana, ada lokasi wisata Keramikan. Di kawasan Keramikan, ada tiga danau serupa dengan Kawah Nirwana: Danau Asam, Danau Belibis, dan Danau Lebar dengan pemandangan hamparan padang ilalang.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Selanjutnya di Kecamatan Batubrak terdapat wisata Puncak Gerdai. Kawasan wisata yang masuk wilayah Pekon (desa) Negeriratu itu dijuluki Negeri di Atas Awan. Itu karena, saat pagi dan menjelang matahari tenggelam, wisatawan yang berada di Puncak Gerdai bisa merasakan sensasi seakan berada di atas awan yang menyelubungi bukit-bukit di bawahnya.

Puncak Gerdai

Di Ibukota Kabupaten Lambar Liwa yang masuk wilayah Kecamatan Balikbukit, ada destinasi wisata baru. Namanya Kebun Raya Liwa. Selain menyuguhkan suasana dan panorama alam yang sejuk, Kebun Raya Liwa juga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan penelitian berbagai jenis flora langka.

Kebun Raya Liwa

Di Kecamatan Lumbokseminung ada wisata Danau Ranau dan Gunung Seminung. Di kawasan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera itu, wisatawan bisa berolahraga dayung dengan kano atau menyewa perahu motor mengeliling danau dan menikmati panorama Gunung Seminung.

Baca Juga:   Mobil Black Campaign Nunggak Bayar Sewa Rp6 Juta

Fasilitas penunjang di lokasi wisata Danau Ranau juga sudah cukup lengkap. Pemkab Lambar menyiapkan sarana penginapan yang cukup memadai. Namanya Lumbokseminung Resot yang dilengkapi ruang pertemuan yang cukup besar untuk menggelar beragam acara.

Danau Ranau

“Kita akan terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan potensi wisata yang ada. Saya yakin dengan kerja keras dan dukungan semua pihak, Lampung Barat bisa menjadi salah satu daerah tujuan wisata utama di Provinsi Lampung,” kata Bupati Lambar Parosil Mabsus.

Baca Juga:   Darah di PMI Menipis, Polresta Bandar Lampung Lakukan Kegiatan Donor Darah

Menurut Parosil, banyak potensi wisata di Lambar yang tidak dimiliki daerah lain. Kondisi itu, harus dapat dimaksimalkan agar Lambar menjadi destinasi wisata unggulan di Lampung.

“Daerah lain punya gajah, kita juga ada. Daerah lain punya hutan dan air terjun, kita juga ada. Kita punya danau asam, panas bumi, danau terbesar kedua di Sumatera, kebun raya. Daerah lain tidak ada. Keunggulan ini harus kita maksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sektor pariwisata,” terangnya. (RF)

 506 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan