Lima Cara Efektif Atasi Sakit Mag

Lima Cara Efektif Atasi Sakit Mag

LAMPUNG SEGALOW (1/2) – sering kali mengalami mual dan rasa perih di bagian perut, mungkin saja Anda sedang sakit mag.

Tak perlu khawatir, ada sejumlah cara efektif untuk mengatasi sakit mag yang telah disampaikan dr. Edwin Jim, SpPD-KPTI selaku dokter Spesialis Penyakit Dalam sub-spesialis Penyakit Tropik-Infeksi dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta. kepada Medcom.id.

  1. Hindari makanan dan minuman mengandung asam

Hindari makanan dan minuman yang memiliki rasa asam dan pedas. Selain itu, hindari juga yang memiliki kadar asam tinggi seperti kopi dan alkohol.

Jika Anda mengalami sakit mag, lambung Anda akan terasa semakin perih ketika Anda tetap mengonsumsi makanan dan minuman yang asam.

  1. Makanlah makanan tinggi serat

Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dan juga bermacam sayuran segar yang sebaiknya dimakan setiap hari.

Jika Anda ingin menyantap sayuran, perbanyaklah makan sayuran yang direbus. Tetapi, apabila Anda ingin memakan sayuran yang ditumis, gunakanlah minyak sedikit mungkin.

Baca Juga:   Kartu Petani Berjaya Siap Diluncurkan Arinal

(Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dan juga bermacam sayuran segar. Foto: Brenda Godinez/Unsplash.com)

  1. Utamakan makanan rendah lemak

Mengonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi akan memperburuk kondisi lambung Anda. Tidak lain, Anda akan semakin merasakan perih di area perut.

Maka, utamakanlah makan makanan rendah lemak. Ayam atau ikan bakar memang terasa nikmat, apalagi ditemani sambal yang kita sukai. Anda bisa saja menyantap ayam atau ikan bakar.

Tetapi, bakarlah dengan tanpa minyak. Jika takut gosong, siasatilah membungkusnya dengan daun pisang. Kalau Anda ingin menikmati ayam atau ikan bakar yang dibeli di restoran, perhatikanlah seberapa banyak margarin atau mentega yang digunakan untuk mengoles ayam itu.

  1. Rutin olahraga

Olahraga juga dibutuhkan bagi Anda penderita sakit mag. Dengan melakukan olahraga yang teratur, bukan hanya tubuh Anda yang merasa rileks dan otot menjadi lebih kuat. Tetapi juga pikiran Anda.

Baca Juga:   PMII Lampung Akan Gelar Konsolidasi Akbar Pasca Laporkan Yozi Rizal

Kinerja otak akan menjadi lebih segar. Perlu diingat bahwa salah satu penyebab sakit mag adalah pikiran yang tertekan atau tegang, biasa disebut stres.

Sirkulasi oksigen juga akan lebih baik dan selanjutnya Anda akan lebih nyaman menjalankan aktivitas keseharian. Pilihlah olahraga yang menyenangkan bagi diri Anda, seperti jogging, plank, bersepeda, dan sebagainya.

Hindari olahraga yang bersifat kompetitif, misalnya bermain badminton dengan teman Anda. Ketika Anda kalah dalam kompetisi itu, dapat memicu rasa kesal hingga stres.

  1. Atur pola dan porsi makan

Sakit mag bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur seperti terlambat makan. Aturlah pola makan Anda mulai dari sekarang, dengan sarapan, makan siang, dan makan malam.

Namun, jangan paksakan makan dengan porsi normal. Lebih baik Anda makan dengan porsi yang lebih sedikit namun sering, misalnya makan setiap tiga jam. Anda bisa makan roti, biskuit, atau sereal. Jangan biarkan diri Anda merasa lapar.

Baca Juga:   Lampung Soroti Serius Anjloknya Harga Cabai

Porsi makan pun harus diatur. Pengidap sakit mag tidak dianjurkan mengonsumsi banyak karbohidrat. Untuk orang Indonesia, mungkin terbilang mustahil jika Anda mampu menjalani hari tanpa makan nasi.

Porsi makan yang ideal menurut dr. Edwin ialah dengan mengatur banyaknya karbohidrat, protein nabati atau hewani, dan sayur. Sebanyak 50 persen dari bagian piring diisi dengan sayuran, karena tubuh Anda membutuhkan banyak serat.

Kemudian, 25 persen berisi karbohidat baik itu nasi, kentang, atau jagung rebus. Sebanyak 25 persen lainnya berisi protein hewani atau nabati. Untuk penderita mag, utamakanlah mengonsumsi lauk denhan protein nabati dibanding hewani. (LS/RF)

 

 

 794 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan