Manfaat Luar Biasa Buah Lontar, Salah Satunya Baik untuk Pencernaan

Manfaat Luar Biasa Buah Lontar, Salah Satunya Baik untuk Pencernaan

LAMPUNG SEGALOW (29/1) – Lontar atau buah siwalan, dan ada sebagian orang yang menyebutnya buah tal ini merupakan jenis tanaman palma. Buah yang memiliki warna khas coklat ini seluruhnya dapat dikonsumsi.

Daging buahnya dapat dimakan langsung atau menjadi campuran dalam sajian minuman segar atau makanan. Begitu pula dengan air buahnya. Namun, orang lebih sering mengonsumsi air buah lontar ketimbang dagingnya yang memiliki bentuk seperti kolang kaling. Sebab, ternyata air buah lontar memiliki cita rasa yang hampir sama dengan air kelapa.

Baca Juga:   KETUA DPRD LAMPUNG TERIMA KUNJUNGAN BNNP LAMPUNG

Selain rasanya yang segar dan manis, buah lontar juga digadang-gadang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dokter spesialis gizi, dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK (K) menyebut, buah lontar ini dapat mencegah dehidrasi. Itu lantaran di dalam 100 gram buah lontar, 90 persennya terdiri dari air atau sekitar 90 gram air (90 mililiter air)

“Makan 100 gram sama seperti minum 90 miligram,” kata dia dalam acara program Ayo Hidup Sehat tvOne, Senin, 28 Januari 2019.

Baca Juga:   POLDA LAMPUNG AJAK MASYARAKAT IKUTI ATURAN PEMERINTAH DARI PENGGUNAAN OBAT SIRUP

Selain itu, manfaat lainnya dari buah ini adalah dapat memperbaiki pencernaan. Sebab dalam buah ini, kata Juwalita, terkandung serat peptin. Yang mana serat ini ketika sampai di usus besar akan difermentasi dengan bakteri baik membentuk asam lemak rantai pendek yang berfungsi untuk regenerasi sel.

“Selain itu, mengonsumsi buah lontar juga dapat membuat hati menjadi sehat. Karena kandungan air banyak, kalau cukup air, fungsi ginjal baik,” ucapnya.

Baca Juga:   Pasar Blok A Kebayoran Baru Dilalap Si Jago Merah

Bukan hanya dagingnya saja, air buah lontar juga diketahui dapat berfungsi sebagai isotonik.

“Air buah lontar ada elektrolit, natrium dan kalium untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Tapi bagi penderita ginjal harus berhati-hati karena adanya kandungan elektrolit dan kalium,” ujarnya. (ldp) (LS/RF)

 1,497 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan