Mengenali Ragam Manfaat Jahe

Mengenali Ragam Manfaat Jahe

LAMPUNG SEGALOW (11/3) –  Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang banyak dipakai sebagai bahan makanan dan minuman di Indonesia. Tanaman yang dimanfaatkan rimpangnya ini memiliki rasa khas yang dapat menghangatkan tubuh. Selain sebagai bumbu dapur, jahe juga sering dimanfaatkan sebagai bahan minuman tradisional seperti jamu.

yang banyak dipakai sebagai bahan makanan dan minuman di Indonesia. Tak berhenti di situ, ternyata jahe memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Banyak penelitian yang membuktikan khasiat jahe, seperti dimuat dalam WebMD:  

Melawan kuman

Senyawa kimia tertentu dalam jahe segar membantu tubuh menangkal kuman. Jahe efektif menghentikan pertumbuhan bakteri seperti E.coli dan shigella, serta mencegah virus seperti RSV.

Baca Juga:   Mitos tentang Kehamilan

Menjaga kesehatan mulut

Khasiat antibakteri jahe mampu mencerahkan senyum. Selain itu senyawa aktif dalam jahe yang disebut gingerol menjaga pertumbuhan bakteri mulut penyebab penyakit periodontal dan penyebab infeksi gusi serius.

Meredakan mual

Cerita para istri mungkin benar. Jahe membantu jika Anda mencoba meredakan perut mual, terutama selama kehamilan. Jahe juga dapat mengurangi gas dalam usus dan membantu mabuk laut atau mual setelah kemoterapi.

Menenangkan nyeri otot

Konsumsi jahe secara teratur dapat mengurangi nyeri otot. Dalam beberapa penelitian, asupan jahe mengurangi rasa sakit setelah beberapa hari pada mereka mengalami sakit otot setelah berolahraga.

Meringankan gejala Arthritis

Kandungan antiinflamasi mengurangi pembengkakan. dan membantu untuk mengobati gejala rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. Minum jahe hangat dan kompres jahe dapat meredakan sakit.

Baca Juga:   5 MAKANAN INI MAMPU MEMPRODUKSI ASI

Membantu melawan pertumbuhan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa molekul bioaktif pada jahe dapat memperlambat pertumbuhan beberapa kanker seperti kolorektal, lambung, ovarium, hati, kulit, payudara, dan kanker prostat. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikannya.

Menurunkan gula darah

Satu studi kecil baru-baru ini menyatakan bahwa jahe dapat membantu tubuh menggunakan insulin lebih baik. Diperlukan penelitian yang lebih besar untuk mengetahui apakah jahe dapat membantu meningkatkan kadar gula darah.

Meringankan nyeri menstruasi

Dalam penelitian, wanita yang mengonsumsi 1.500 miligram bubuk jahe sekali sehari selama 3 hari selama menstruasi merasakan lebih sedikit rasa sakit dibandingkan wanita yang tidak.

Menurunkan kolesterol

Minum jahe secara rutin dapat membantu melawan kadar kolesterol “jahat” atau LDL. Dalam penelitian terbaru, mengonsumsi 5 gram jahe sehari selama 3 bulan menurunkan kolesterol LDL rata-rata 30 poin.

Baca Juga:   Pantangan Ibu Hamil Plasenta Previa

Melindungi tubuh dari penyakit

Jahe kaya antioksidan, senyawa yang mencegah stres dan kerusakan pada DNA tubuh. Antioksidan juga membantu tubuh melawan penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru dan mempromosikan penuaan yang sehat.

Meredakan gangguan pencernaan

Rasa sakit akibat gangguan pencernaan kronis dispepsia dapat diredakan dengan jahe. Minum jahe sebelum makan dapat membuat metabolisme tubuh lebih cepat dan melancarkan BAB. (LS/RF)

 590 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan