Menguak Manfaat Tersembunyi Jagung untuk Kesehatan

Menguak Manfaat Tersembunyi Jagung untuk Kesehatan

LAMPUNG SEGALOW (28/2) – Jagung menjadi salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan dan disukai masyarakat Indonesia. Itu karena jagung bisa diolah menjadi berbagai macam olahan masakan, seperti direbus, dipanggang atau ditumis.

Tak cuma diolah sebagai camilan atau pendamping masakan, jagung juga dijadikan bahan makanan pokok di beberapa negara. Selain mengenyangkan dan enak, jagung ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan bila diolah dengan tepat.

Spesialis gizi klinis, dr Marya W Haryono, MGizi, SpGK mengatakan, jagung memiliki antioksidan tinggi yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. “Di dalam jagung tinggi sekali antioksidannya, yang bisa melindungi dari kanker dan jantung,” kata dia dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 27 Februari 2019.

Apalagi jika jagung dimasak, maka zat antioksidannya akan semakin aktif. Selain mengandung zat antioksidan, jagung juga tinggi dengan karbohidrat yang bisa menjadi pengganti makanan pokok seperti nasi. Jagung juga mengandung mikronutrien dan asam folat yang dibutuhkan ibu pada awal masa kehamilan.

Baca Juga:   Penahanan Nurhasanah oleh Kejagung, Fraksi PDIP DPRD Lampung Kedepankan Asas Praduga Tak Bersalah

Dalam jagung juga ada lutein yang baik untuk kesehatan mata, terutama bagi orangtua yang sering mengalami gangguan penglihatan. Kandungan serat yang tinggi dalam jagung juga baik untuk mereka yang sedang menjalani program diet.

Jagung

“Nutrisi utama jagung adalah karbohidrat kompleks yang seratnya banyak, sehingga digunakan orang yang mau diet karena makan sedikit, tapi kenyangnya tahan lama,” ujar Marya.

Adapun kalori dalam jagung pun terbilang rendah, sehingga tidak akan membuat orang yang mengonsumsinya menjadi gemuk. Pengecualian jika jagung yang dikonsumsi dicampur dengan bahan lain seperti keju, susu, mentega, karamel, maka bisa membuat gemuk.

Baca Juga:   Penyebab Anak tidak mau Makan

Karena itu, dia menyarankan supaya jagung memberikan manfaat untuk kesehatan, maka perhatikan mengonsumsi dan cara pengolahannya. Ingat, jangan terlalu mengonsumsi jagung secara berlebihan atau hanya jagung tanpa variasi makanan lain karena berisko menyebakan kekurangan nutrisi tertentu.

“Jagung bisa jadi bahan pengganti nasi dan sumber energi tapi hati-hati, jangan mengolahnya jadi popcorn, marning, sereal. Jagung baiknya direbus,” saran dia. (tsy) (LS/RF)

 686 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan