MENU MAKANAN MPASI BAYI PERLU BERVARIASI

MENU MAKANAN MPASI BAYI PERLU BERVARIASI

LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Bayi yang sudah berusia enam bulan akan mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Saat memasak MPASI, Anda sebaiknya perlu menyiapkan beberapa menu variasi. Mengapa?
Dilansir The Bump, salah satu kekhawatiran saat anak sudah semakin besar adalah menjadi pemilih makanan. Anda pun bisa kewalahan karena si kecil hanya mau makan makanan tertentu saja. Maka dari itu, salah satu strategi untuk mencegah anak menjadi pemilih makanan adalah diperkenalkan dengan beragam jenis makanan sejak awal pemberian MPASI.

Cara Perkenalkan Menu MPASI yang Bervariasi

1.Dimulai Lebih Dini
Sejak awal pemberian MPASI, Anda sudah bisa membangun preferensi makanan sehat sejak dini. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan preferensi makanan sehat sudah bisa dimulai saat bayi masih di dalam kandungan, rasa yang terpapar pada bayi bisa membuat si kecil lebih mungkin menerima berbagai macam makanan setelah lahir nanti. Jadi, apabila Anda saat ini sedang hamil, cobalah untuk mengonsumsi berbagai macam makanan sehat, seperti buah, sayuran, ikan, dan bahkan makanan pedas.

Baca Juga:   Shopee Perkenalkan Fitur 'Pasti Ada' Khusus untuk Pria

2.Ingat Maksud Pemberian MPASI
MPASI bukan hanya sekadar menambah kalori ekstra lewat makanan selain ASI atau susu formula. Tetapi, tujuan utama memperkenalkan makanan padat adalah untuk membantu bayi belajar cara makan dan mengembangkan preferensi makanannya secara bertahap. Hal ini juga termasuk meningkatkan tekstur makanan secara bertahap saat ia terlihat benar-benar sudah siap. Sehingga, Anda terdorong untuk membuat beragam macam menu agar bayi lebih semangat makan.

Baca Juga:   ARINAL DUKUNG YOSHI DWI AYU MELYNIE DALAM AJANG PENCARIAN BAKAT DANGDUT AKADEMI INDOSIAR

3.Variasi Makanan adalah Kunci mendorong berbagai rasa dan tekstur adalah kunci membentuk preferensi makanan sehat dan bergizi.

Beberapa ahli percaya bahwa dengan memperkenalkan lebih banyak rasa pahit dari sayur atau asam dari yogurt susu murni tanpa pemanis, maka bisa membuat si kecil lebih mungkin menerima rasa-rasa tersebut di kemudian hari. Begitu juga dengan rasa manis dari buah-buahan atau desert-nya.

Jangan lupa, untuk mengembangkan rasa makanan pun membutuhkan waktu. Jadi, sebaiknya tunggu sekitar 3-5 hari setelah pertama kali memperkenalkan makanan untuk diberi variasi makanan lainnya. Cara ini dilakukan sekaligus untuk memastikan apakah bayi mengalami alergi atau tidak.
mengutip laman Parents, tidak ada aturan khusus untuk pemberian makanan padat pertama bayi. Namun, sebaiknya sejak awal, bayi sudah ditawarkan berbagai sayuran, daging, dan buah-buahan agar dia terbiasa dengan berbagai macam rasa dan tekstur. Apalagi, sebagian besar bayi sangat senang mencoba makanan baru. Dan jangan lupa perkenalkan juga air sedikit demi sedikit untuk mengembangkan rasa air serta meningkatkan keterampilan motorik halusnya.(Ist/Zar/AA)

 1,075 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan