Pemberitaan soal Bunuh Diri Tak Boleh Sensasional

Pemberitaan soal Bunuh Diri Tak Boleh Sensasional

LAMPUNG SEGALOW (15/3) – Akhir-akhir ini kejadian bunuh diri menjadi perhatian publik, seperti kasus bunuh diri sopir taksi di Jakarta, kejadian pria bunuh diri di Lampung dan terakhir kejadian pria bunuh diri di sebuah mal di Jakarta.

Kasus-kasus bunuh diri yang marak belakangan ini, juga tak lepas dari sorotan media. Namun sayangnya, pemberitaan yang muncul masih menguraikan metode bunuh diri dengan jelas. Bahkan tak jarang, media menyertakan foto lokasi bunuh diri.

Baca Juga:   PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN MENDAPATKAN PENGHARGAAN DARI UNIVERSITAS BANDARLAMPUNG

Terkait dengan hal tersebut, Pengacara LBH Pers, Gading Yonggar Ditya menyebut, penting bagi jurnalis untuk tahu apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemberitaan seputar peristiwa bunuh diri untuk meminimalisir dampak dari kejadian bunuh diri.

“Ada dua nilai komposisi pemberitaan, pertama media atau pers harus menjalankan edukasi ke publik. Bagi kita harus mutlak jangan sampai media men-trigger seseorang untuk melihat sisi negatif sehingga mereka bunuh diri,” kata dia dalam acara Diskusi Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) di Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 14 Maret 2019.

Baca Juga:   PEMPROV RAPAT PENDATAAN BANTUAN STB

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan komposisi berita agar jangan terlalu sensasional. Mengingat kata dia, itu bisa men-trigger seseorang dengan kesehatan jiwa yang rendah untuk melakukan hal serupa.

“Soal privasi, kalau kita riset pola pemberitaan saat ini menjalankan secara mendetail bagaimana kronologis bunuh diri itu,” ucap dia.

Kemudian dia melanjutkan, media juga diharapkan untuk tidak menampilkan wajah atau mendeskripsikan kondisi korban. Hal ini kata dia dapat membuat seseorang yang memiliki kesehatan mental yang rendah bisa melakukan hal yang sama.

Baca Juga:   KETUA DPRD LEPAS CALON JAMAAH HAJI PROVINSI LAMPUNG

“Gaya bahasa juga harus diperhatikan,” ujarnya. (LS/RF)

 

 773 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan