Pemkab Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Pemkab Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Kekerasan Seksual Terhadap Anak

KALIANDA, LAMPUNG SEGALOW (17/6) –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Bagian Bina Mental Spiritual dan Kemasyarakatan (BMSK) menggelar sosialisasi pencegahan dan pemberantasan kekerasan seksual terhadap anak, Senin (17/6/2019).

 

Acara yang dilaksanakan di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lampung Selatan, dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Lampung Selatan Supriyanto, S.Sos, MM.

Turut hadir sebagai narasumber, unsur dari Polres Lampung Selatan, Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan Lampung Selatan.

 

Kepala Bagian BMSK Pemkab Lampung Selatan, Kholil menjelaskan, dilaksanakannya acara tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman sedini mungkin kepada pelajar tentang pencegahan dan pemberantasan kekerasan seksual terhadap anak.

Baca Juga:   PEMPROV LAMPUNG KOMITMEN JAGA KETERTIBAN PELAKU USAHA DAN KELESTARIAN SUMBER DAYA KELAUTAN

 

“Mudah-mudahan acara ini bisa memberikan ilmu dan bekal kepada para pelajar agar terhindar dari kekerasan seksual,” ujar Kholil saat menyampaikan laporannya.

 

Selain itu, lanjutnya, sosialisasi itu juga agar guru atau tenaga pendidik, dapat mengawasi anak didiknya agar terhindar dari kekerasan seksual. Kegiatan itu kata dia, diikuti 100 peserta yang terdiri dari pelajar SD/MI, SMP/MTS dari seputar wilayah Kecamatan Kalianda.

Baca Juga:   Untuk Jujur Bayar Pajak Tapping Box dipasang

 

“Kasus kejahatan seksual saat ini cukup tinggi, dan itu banyak terjadi terhadap pelajar mulai dari tingkat SD. Itu kenapa kita hadirkan pelajar SD/MI, karena mereka itu yang rawan menjadi korban kekerasan seksual terhadap anak,” katanya.

 

Sementara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lampung Selatan, Supriyanto berharap adanya dukungan dan peranan orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap gerak-gerik anak, baik ditempat bermain anak maupun dengan siapa biasanya bermain.

 

Sehingga katanya, dengan upaya pencegahan tersebut, diharapakan pelaku kekerasan seksual terhadap anak, bahkan terhadap orang dewasa akan berkurang.

Baca Juga:   Hakim Beri Waktu Mediasi Gugatan Kader Golkar

 

“Saya menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi ini. Dengan harapan, melalui acara ini akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi upaya pencegahan dan pemberantasan kekerasan seksual terhadap anak di Lampung Selatan,” kata Supriyanto.

Untuk itu, Supriyanto berharap, para peserta dapat mengikuti sosialisasi itu dengan seirus dan menyimak apa yang disampaikan oleh narasumber.

 

“Mengingat begitu pentingnya acara ini, saya harap adik-adik pelajar dapat mengikuti acara sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Ve/rf)

 1,046 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan